Modernisasi pendidikan pesantren melalui konversi kurikulum di Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Purworejo

Rahmawaty, Enjelica Ovidnanda (2019) Modernisasi pendidikan pesantren melalui konversi kurikulum di Pondok Pesantren Al-Iman Bulus Purworejo. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Ilmu Pendidikan Agama Islam_1503016013)
ENJELICA OVIDNANDA RAHMAWATY ___1503016013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dari judul di atas, penelitian ini mengambil fokus masalah: 1) Bagaimana modernisasi pada sistem pendidikan di pondok pesantren Al-Iman Bulus Purworejo? 2) Bagaimana modernisasi pada bidang kurikulum di pondok pesantren Al-Iman Bulus Purworejo? Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis, dan mendiskripsikan modernisasi pada sistem pendidikan dan kurikulum di pondok pesantren Al-Iman Bulus Purworejo. Dalam penelitian ini, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena dalam penelitian diarahkan untuk menganalisis dan menggambarkan situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh dan menekankan makna generalisasi. Metode ini digunakan untuk meneliti apakah sudah diterapkan modernisasi pada pendidikan pondok pesantren Al-Iman Bulus Purworejo khususnya dalam sistem pendidikan dan kurikulum. Dari segi teknik pengumpulan data, penelitian ini termasuk Penelitian Lapangan (Field Research). Data didapat melalui penelitian di lokasi penelitian dan menggunakan metode Trianggulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah seluruh elemen pendidikan pondok pesantren Al-Iman Bulus Purworejo. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pendidikan pondok pesantren Al-Iman Bulus Purworejo dilaksanakan dengan sistem pendidikan berjenjang dalam bentuk madrasah. Mulai dari RA, MI, MTs, SP, MA, dan Ma’had Aly. Dilaksanakan secara kolektif dengan di bawah arahan Pengasuh pondok pesantren Al-Iman Bulus Purworejo. Sistem pembelajarannya dilaksanakan dengan sistem Full Day School, adapun waktunya disesuaikan dengan jenjang masing-masing. Selain itu, untuk mempertahankan budaya kepesantren-an nya, maka tetap dilaksanakan mengaji dengan sistem tradisional pondok pesantren (bandongan, sorogan, dan halaqah) yaitu pada musyawarah pagi dan musyawarah malam. Modernisasi kurikulum pondok pesantren secara keseluruhan dari setiap jenjang menggunakan integrasi kurikulum yang memadukan antara kurikulum Kemenag dan kurikulum yayasan pondok pesantren. Adapun materinya berupa materi umum dan materi keagamaan, baik dari kemenag maupun berbasis kitab kuning sesuai dengan jenjang masing-masing. Strategi yang dilakukan dalam pendidikan pondok pesantren Al-Iman Bulus Purworejo, pembelajaran kitab kuning dalam struktur kurikulum madrasah masuk pada peminatan wajib, adapun ekstrakurikuler masuk pada peminatan pilihan. Setiap jenjang memuat pelajaran umum, kecuali pada jenjang Sekolah Persiapan (SP), karena pada jenjang ini memang khusus dipersiapkan lulusan non-Madrasah Tsanawiyah Al-Iman yang akan masuk ke Madrasah Aliyah untuk mengejar ketertinggalannya dalam materi keagamaan. Dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi keilmuan dan pengetahuan bagi pembaca pada umumnya dan bagi mahasiswa pendidikan agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorIstiyani, DwiNIDN2023067502
Thesis advisorRikza, MukhamadNIDN2004088101
Uncontrolled Keywords: Modernisasi; Pendidikan Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:42
Last Modified: 31 Dec 2019 01:42
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10455

Actions (login required)

View Item View Item