Implementasi pembelajaran akidah akhlak pada kurikulum 2013 di MA Negeri 1 Boyolali kelas X tahun pelajaran 2018/2019

Wulandari, Yuliana Ayu (2019) Implementasi pembelajaran akidah akhlak pada kurikulum 2013 di MA Negeri 1 Boyolali kelas X tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Ilmu pendidikan Agama Islam_1503016026)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi pembelajaran akidah akhlak pada kurikulum 2013 di MA Negeri 1 Boyolali kelas X tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi pembelajaran akidah akhlak pada kurikulum 2013 di MA Negeri 1 Boyolali? (2) Faktor apa saja yang mempengaruhi kesuksesan dalam menerapkan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 di MAN 1 Boyolali? (3) Kendala apa saja yang mempengaruhi ketidakberhasilan guru dalam menerapkan pembelajaran pada kurikulum 2013 di MAN 1 Boyolali? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran akidah akhlak yang sesuai dengan kurikulum 2013 di MAN 1 Boyolali kelas X tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 3 cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa di MAN 1 Boyolali telah melaksanakan pembelajaran akidah akhlak sesuai dengan kurikulum 2013, menggunakan pendekatan saintifik. Dalam kegiatan perencanaan guru telah membuat perencanaan dengan baik, meskipun pada saat pelaksanaan tidak sesuai dengan rencana. Dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik yang berpusat pada siswa. Pada kegiatan evaluasi pembelajaran akidah akhlak guru telah menggunakan penilaian autentik sesuai dengan kurikulum 2013. Penilaian yang dilakukan ada 3 aspek yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorMuslam, MuslamNIDN2005036602
Thesis advisorZulaikhah, ZulaikhahNIDN2030017601
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan; Pembelajaran Akidah Akhlak; Kurikulum 2013
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:44
Last Modified: 31 Dec 2019 01:44
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10457

Actions (login required)

View Item View Item