Penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sebagai upaya menangkal fanatisme golongan di SMK Nurul Islami Semarang

Khilala, Diar (2019) Penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sebagai upaya menangkal fanatisme golongan di SMK Nurul Islami Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016033_Skripsi]
Preview
Text (1503016033_Skripsi)
skripsi penuh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan bangsa dengan tingkat keberagaman yang tinggi, keragaman tersebut menjadikan sebuah warna dalam berinteraksi sosial. Namun bentuk sikap arogansi akibat dominansi kebudayaan mayoritas menimbulkan ketidakpahaman dalam berinteraksi dengan budaya maupun orang lain, bahkan sikap dan perilaku seringkali tidak simpatik, bertolak belakang dengan nilai-nilai dalam pendidikan budaya luhur seperti perbedaan daerah, perbedaan sosial, kebiasaan dan asal kelahiran. Skripsi ini membahas tentang bagaimana penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sebagai upaya menangkal fanatisme golongan di SMK Nurul Islami Semarang. Penelitian ini mengkaji tiga permasalahan yaitu materi yang relevan dengan nilai-nilai multikultural, metode penanaman dan hasil penanaman nilai-nilai multikultural sebagai upaya menangkal fanatisme golongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penanaman nilai-nilai multikultural melalui pendidikan agama Islam di SMK Nurul Islami Semarang
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMK Nurul Islami Semarang. Lembaga sekolah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan gambaran tentang implementasi nilai-nilai religus melalui kegiatan keagamaan di sekolah tersebut. Datanya diperoleh melalui cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu, metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai-nilai multikultural yang relevan dalam materi pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu nilai toleransi, nilai persatuan dan kesatuan, dan nilai keadilan. Implementasi nilai-nilai multikultural yang dilaksanakan di SMK Nurul Islami Semarang dilakukan melalui beberapa cara yaitu melalui metode diskusi, metode tanya jawab dan metode role playing. Disamping melalui metode pembelajaran dilakukan metode pendukung melalui metode pembiasaan, saling menghargai satu sama lain. Implikasi penerapan pendidikan multikultural di SMK Nurul Islami Semarang memberikan dampak positif terhadap sikap toleransi, keadilan, dan persatuan satu sama lain yang meliputi, kebebasan berpikir berupa ketidaktegangan siswa dalam berinteraksi dan bekerjasama dengan siapa saja tanpa saling curiga, kebebasan menentukan masa depan, kebebasan menentukan kegiatan yang diinginkan, dan kebebasan untuk dalam memberikan pemahaman yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan multikultural; Pendidikan agama Islam; Fanatisme golongan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:40
Last Modified: 03 Jan 2020 06:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics