Pengaruh pemahaman kitab Mau’iẓah Al-Mu’minīn terhadap kekhusyukan ibadah shalat santri Ma’had Al-Jami’ah Walisongo UIN Walisongo Semarang

Apriliana, Dhea Rizki (2019) Pengaruh pemahaman kitab Mau’iẓah Al-Mu’minīn terhadap kekhusyukan ibadah shalat santri Ma’had Al-Jami’ah Walisongo UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016041_Skripsi]
Preview
Text (1503016041_Skripsi)
DHEA RIZKI APRILIANA___1503016041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) pemahaman santri Ma’had Al-Jami’ah Walisongo tentang kitab Mau’iẓah al-Mu’minīn, (2) kekhusyukan ibadah shalat santri Ma’had Al-Jami’ah Walisongo, (3) pengaruh pemahaman kitab Mau’iẓah al-Mu’minīn terhadap kekhusyukan ibadah shalat santri Ma’had Al-Jami’ah Walisongo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif teknik penelitian simple random sampling yaitu pengambilan sampel yang baik dan representatif, dengan teknik Analisis Kuantitatif Regresi Linier Sederhana. Subyek yang menjadi bahan penelitian sebanyak 85 responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pemahaman santri Ma’had Al-Jami’ah Walisongo tentang kitab Mau’iẓah al-Mu’minīn termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata 85,2 yakni berada pada interval 81-keatas yang kategorinya dikatakan sangat baik. (2) kekhusyukan ibadah shalat santri Ma’had Al-Jami’ah Walisongo termasuk dalam kategori sangat baik, hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata nilai kekhusyukan ibadah shalat 82,5 yang berada pada interval 81-keatas dan dikategorikan sangat baik. (3) tidak ada pengaruh pemahaman kitab Mau’iẓah al-Mu’minīn terhadap kekhusyukan ibadah shalat santri Ma’had Al-Jami’ah Walisongo UIN Walisongo Semarang hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan hasil perhitungan regresi diketahui dari tabel Anova Fhitung = 0,213 lebih kecil dari Ftabel = 1,988 taraf signifikan 5%.
Hasil dari analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y= 79.527 + 0,035X. Kemudian hasil koefisien determinasi (r square) sebesar 0,003 yang berarti pengaruh variabel pemahaman kitab Mau’iẓah al-Mu’minīn sangat lemah terhadap variabel kekhusyukan ibadah shalat santri Mah’had Al-Jami’ah Walisongo UIN Walisongo Semarang sebesar 0,3% , hal ini dapat dilihat dari sumbangan proporsi X terhadap Y yaitu 0,003 x 100% = 0,3% sisanya kekhusyukan ibadah shalat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Menurut hasil observasi dan wawancara yang diperoleh, adapun hal tersebut disebabkan karena:
a. Ketika mengaji kitab Mau’iẓah al-Mu’minīn seringnya santri dalam posisi lelah sehingga menyebabkan tidak konsentrasi dan kurang efektif. Masih banyak santri yang tidak konsentrasi ketika mengaji kitab Mau’iẓah al-Mu’minīn seperti mendengarkan, menyerap, mencatat penjelasan kyai dalam menyampaikan materi ibadah shalat.
b. Santri tidak mengulang-ulang materi yang dipelajari dalam kitab Mau’iẓah al-Mu’minīn sehingga untuk mencapai kriteria shalat sesuai kitab Mau’iẓah al-Mu’minīn, santri masih sulit mengaplikasikannya dalam ibadah shalat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Khusyu'; Shalat; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:49
Last Modified: 03 Jan 2020 06:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10463

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics