Pendidikan karakter religius di SMA Negeri 5 Semarang

Mahmudah, Ummul Jum’atin (2019) Pendidikan karakter religius di SMA Negeri 5 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016045_Skripsi]
Preview
Text (1503016045_Skripsi)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan karakter religius di SMA Negeri 5 Semarang yang dilatar belakangi oleh pentingnya pendidikan karakter religius pada siswa. Pendidikan karakter religius di SMA Negeri 5 Semarang ini tidak hanya pada kegiatan pembelajaran saja, melainkan juga diterapkan melalui pembiasaan berprilaku religius dengan kegiatan-kegiatan yang bernuansa religius.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa saja bentuk-bentuk pendidikan karakter religius di SMA Negeri 5 Semarang? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dari dilaksanakan pendidikan karakter religius di SMA Negeri 5 Semarang?
Pada penelitian ini, jenis penelitian kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif. Peneltian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa pendidikan karakter religius di SMA Negeri 5 Semarang sudah berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari upaya kepala sekolah dan guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya pendidikan karakter religius, dan membiasakan siswanya berprilaku religius melalui kegiatan-kegiatan tertentu serta memberikan keteladanan dalam hal berprilaku dan beribadah.
Adapun faktor pendukung dalam pendidikan karakter religius di SMA Negeri 5 Semarang yaitu : Guru dan lingkungan. Adapun Faktor penghambatnya adalah, faktor keluarga (orang tua), guru, lingkungan, dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter; Pendidikan agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:50
Last Modified: 03 Jan 2020 06:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10464

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics