Peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mengimplementasikan nilai-nilai multikulturalisme di SMAN 3 Semarang

Kusmiati, Kusmiati (2019) Peran guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam mengimplementasikan nilai-nilai multikulturalisme di SMAN 3 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016065_skripsi]
Preview
Text (1503016065_skripsi)
KUSMIATI___1503016065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengimplementasikan nilai-nilai multikulturalisme di SMAN 3 Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengimplementasikan nilai-nilai multikulturalisme di SMAN 3 Semarang? SMAN 3 Semarang merupakan sekolah berwawasan multikultural. Didukung dengan peran Guru PAI BP yang berupaya mengimplementasikan nilai-nilai multikultural di SMAN 3 Semarang menjadikan kondisi sekolah yang damai, tentram dan tidak pernah tejadi konflik mengenai keanekaragaman yang ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi SMAN 3 Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan instrument pengumpulan data yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan format dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu guru PAI dan Budi Pekerti sebanyak 2 orang, serta 2 siswa/i yang diampu oleh guru PAI BP yang terkait. Sedangkan fokus penelitian yang akan dikaji adalah: (1) bagaimana peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengimplementasikan nilai-nilai multikulturalisme di SMAN 3 Semarang; (2) apa faktor pendukung dan penghambat peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengimplementasikan nilai-nilai multikulturalisme di SMAN 3 Semarang; (3) bagaimana solusi mengenai faktor penghambat tersebut?
Hasil penelitian diperoleh bahwasanya peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam mengimplementasikan nilai-nilai multikulturalisme di SMAN 3 Semarang adalah sebagai inspirator dan komunikator dalam mengimplementasikan nilai toleransi dalam segi keragaman agama di SMAN 3 Semarang. Kemudian guru PAI BP berperan sebagai organisator dalam mengimplementasikan nilai keadilan dalam problematika sensitifitas gender. Guru PAI BP berperan sebagai komunikator dalam mengimplementasikan nilai-nilai kemanusiaan terhadap perbedaan status sosial. Guru PAI BP berperan sebagai komunikator dalam mengimplementasikan nilai persamaan dan persaudaraan dalam perbedaan etnis. Guru PAI BP berperan sebagai motivator dalam mengimplementasikan nilai saling tolong menolong terhadap perbedaan kemampuan. Faktor pendukung peran guru PAI BP dalam mengimplementasikan nilai multikulturalisme di SMAN 3 Semarang yakni adanya kepercayaan dari LSM Wahid Foundation, nilai-nilai toleransi yang tinggi dari warga di lingkungan SMAN 3 Semarang, kesadaran yang tinggi dari siswa siswi dalam keberagaman yang ada di SMAN 3 Semarang. Faktor penghambatnya yakni kurungan orang tua sebagai tindak lanjut pengimplementasian nilai-nilai multikulturalisme di SMAN 3 Semarang, adanya perbedaan mencolok dari segi perbedaan status sosial mengakibatkan anak-anak menjadi kurang percaya diri dan mengakibatkan guru PAI BP menjadi berperan ekstra untuk memberikan dorongan dan kepercayaan diri. Kemudian adanya sistem zonasi yang menjadi jurang pemisah dalam segi kemampuan mengakibatkan guru PAI BP harus berperan ekstra dalam mengimplementasikan nilai saling tolong menolong yakni dengan cara memberikan pemahaman bahwa amnesia hendaknya saling tolong menolong, semisal ada teman yang tidak paham temannya yang lain bisa mengajarinya. Solusi mengenai hambatan tersebut yakni menanamkan nilai-nilai toleransi yang lebih kuat baik dalam kegiatan KBM maupun di luar KBM. Guru PAI BP berperan memberikan contoh dan teladan dalam mengimplementasikan nilai-nilai multikulturalisme. Memberikan pemahaman yang menyeluruh untuk saling menghormati. Dan mengadakan bimbingan mengenai sikap primordialisme melalui pembinaan rohis, kegiatan KBM, ceramah dan pertemuan orang tua murid

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam (PAI); Budi pekerti; Multikulturalisme
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:13
Last Modified: 10 Jan 2020 08:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10470

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics