Pendidikan Islam pada keluarga TKW : studi kasus di Desa Gedangalas Kecamatan Gajah Kabupaten Demak

Wafiroh, Zulfatul (2019) Pendidikan Islam pada keluarga TKW : studi kasus di Desa Gedangalas Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016093_Skripsi]
Preview
Text (1503016093_Skripsi)
FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yaitu penelitian tentang pendidikan Islam anak yang ditinggalkan oleh ibunya untuk bekerja ke luar Negeri. Penulis ingin mengetahui bagaimana pemberian pendidikan Islam dari pendidik kepada anak. Pada zaman sekarang ini banyak sekali kasus remaja yang membuat ulah dengan melakukan berbagai macam tindakan kriminal di masyarakat, padahal mereka di didik oleh ayah dan ibu mereka. Lalu bagaimana dengan pendidikan Islam anak yang di tinggalkan oleh ibunya (Pendidik utama) untuk pergi bekerja ke luar Negeri. Apakah pendidik kedua mampu menggantikan peran ibu dalam keluarga. Hal inilah yang membuat penulis tertarik ingin mengetahui bagaimana Pendidikan Islam pada keluarga TKW di Desa Gedangalas Kecamatan Gajah Kabupaten Demak dan ingin mengetahui apa saja kendala yang di alami oleh pendidik ketika mendidik anak.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif lapangan dengan pendekatan Studi kasus. Penulis memilih lokasi di desa Gedangalas kecamatan Gajah kabupaten Demak. Penulis memperoleh data dari tujuh Informan sebagai pendidik anak TKW, melihat peristiwa dan juga dengan dokumen. Setelah data di dapatkan oleh penulis maka langkah selanjutnya penulis menganalisis data dengan analisis model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Setelah melakukan penelitian penulis mendapatkan hasil dari tujuh informan, pada Materi pendidikan berbasis pengetahuan mereka tidak mampu untuk mendidik anak dengan baik, semua menyerahkan kepada guru sekolah dan guru ngaji yang belum tentu dapat memperhatikan dan mengontrol anak dengan baik. Kemudian semua informan sudah menggunakan metode pendidikan Islam dalam mendidik anak, akan tetapi dalam pola asuh mereka hanya satu yang menggunakan pola asuh demokratis. Tiga diantaranya menggunakan pola asuh otoriter dan tiga lagi diantaranya menggunakan pola asuh permisif. Pada keluarga yang penulis teliti masih terdapat kendala baik internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi : kurangnya pengetahuan pendidik, sikap pendidik, kurangnya perhatian dan kepedulian pendidik, kurangnya perhatian dari ibu, kemajuan teknologi dan komunikasi. Sedangkan faktor eksternal berupa pendidik menyerahkan sepenuhnya materi ranah kognitif kepada guru sekolah dan guru ngaji.
Berdasarkan penelitian ini, penulis berharap agar informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca ataupun penulis khusunya yang berada di lingkungan UIN Walisongo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ataupun yang lainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Pendidikan keluarga; Tenaga Kerja Wanita (TKW)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 10 Jan 2020 08:24
Last Modified: 10 Jan 2020 08:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10474

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics