Peran madrasah diniyah dalam pembentukan karakter religius santri : studi di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Muttaqin Rengging Kabupaten Jepara

Riza, Ajharu (2019) Peran madrasah diniyah dalam pembentukan karakter religius santri : studi di Madrasah Diniyah Awaliyah Al-Muttaqin Rengging Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016095_skripsi]
Preview
Text (1503016095_skripsi)
skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran Madrasah Diniyah Awaliyah al-Mutaqin dalam pembentukan karakter religius santri. Penelitian ini dilator belakangi oleh fenomena akhir zaman yang ditunjukkan dengan adanya krisis religius, terutama pada anak-anak usia sekolah dan dimana peranan lembaga keagamaan seperti madrasah diniyah menghadapi permaslahan tersebut. Fokus permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana peran di Madrasah Diniyah Awaliyah al-Muttaqin dalam pembentukan karakter religius santri. Permasalahn tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksakan di Madrasah Diniyah al-Muttaqin kabupaten Jepara. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret peran pembentukan karakter religius di Madrasah Diniyah. Dimana data diperoleh dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Madrasah Diniyah al-Muttaqin dalam pembentukan karakter religius santri memilki peran poitif. Dalam mendeskripsikan tentang peran Madrasah Diniyah al-Muttaqin menggunakan toeri peran yaitu adaptasi, pencapaian tujuan, integrasi, dan pemeliharaan pola. Pertama, proses adaptasi menunjukan peran positif dimana karakter religius santri menjadi berkembang setelah santri dididik di Madrasah Diniyah al-Muttaqin. Ketika masuk Madrasah Diniyah santri mendapat penyesuaian melalui proses pembelajaran sehingga karakter religius santri dibentuk menjadi a. (al-Qur’an) gemar membaca al-Qur’an selain itu bacaan al-Qur’an tambah lancar dan menambah hafalan (ad-Dhuha sampai an-Naas) b. (Akhlak) berakhlak mulia baik kepada guru, tetangga, bertamu dan lainnya serta memilki sifat-sifat terpuji, c. (Tauhid) memiliki dasar keimanan yang kuat d. (Fikih) taat kepada Allah SWT melalui pengajaran ibadah kepada santri, e. (Ke-NU-An) dapat mengamalkan kegiatan keagamaa dan akhlak mulia warga NU. Kedua, pencapaian tujuan pembentukan karakter religius memliki goal meyiapkan santri yang beriman bertaqwa, dan berakhlaqul karimah sebagaimana visi dari Madrasah Diniyah al-Muttaqin memiliki visi. Dalam mencapai tujuan tersebut madrasah melakukan transfer nilai religius melalui pembelajaran dan pembiasaan perilaku religius, kedua pengoptimalan sumberdaya madrasah yaitu ustadz. Ketiga, Madrasah Diniyah al-Muttaqin melakukan beberapa integrasi dalam membentuk karakter religius santri diantaranya integrasi nilai, integrasi dengan orang tua santri, dan integrasi antar komponen Madrasah. Keempat, pemeliharaan pola Madrasah Diniyah al-Muttaqin menciptakan kegiatan pembiasaan dalam membantu memelihara peran madrasah dalam pembentukan karakter religius. Melalui pembiasaan tersebut akan membiasakan santri untuk berperilaku religius di lingkungan madrasah. Bentuk pembiasaan di Madrasah Diniyah seperti pembiasaan sholat ashar berjamaah, pembiasaan berdoa, pembiasaan sopan santun, pembiasaan istighasah dan ziarah serta peringatan hari besar Islam
Berdasarkan hasil penelitian memberikan saran bahwa Madrasah Diniyah diharapkan mampu untuk meningkatkan segala bentuk upaya pembentukan karakter religius kepada santri melalui meningkatkan mutu penddidikan agama. Sebagai lembaga pendidikan keagamaan Madrasah Diniyah al-Muttaqin memeliki peran strategis bukan hanya sekedar meningkatan kecerdasan agama anak, akan tetapi juga memilki peran strategis dalam menjaga moralitas bangsa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Madrasah diniyah; Pendidikan karakter; Pendidikan agama Islam; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:17
Last Modified: 17 Jan 2020 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10475

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics