Peran perempuan dalam pendidikan pesantren : studi atas keulamaan Ibu Nyai Hj. Nuriyyah Ma’shoem di Pondok Pesantren Al-Hidayat Lasem Kabupaten Rembang

Cahyaningrum, Rezqi (2019) Peran perempuan dalam pendidikan pesantren : studi atas keulamaan Ibu Nyai Hj. Nuriyyah Ma’shoem di Pondok Pesantren Al-Hidayat Lasem Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1503016116_Skripsi]
Preview
Text (1503016116_Skripsi)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Ulama Perempuan dalam Pendidikan (Studi atas Peran Ibu Nyai Hj. Nuriyyah Ma’shoem pada Pondok Pesantren Al-Hidayat Lasem Kabupaten Rembang) yang di dalamnya menjelaskan tentang ulama perempuan yang memiliki pemahaman tentang ilmu, kredibilitas moral, serta mampu membimbing dan menuntun umat dengan kritis yang di sesuaikan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Ibu Nyai Nuriyyah terhadap pendidikan di pondok pesantren al-Hidayat Lasem Kabupaten Rembang sekaligus memaparkan kontribusi dalam menjadikan perempuan bebas mempelajari ilmu agama pada zaman penjajahan.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif kepustakaan, yang mana penulis mengumpulkan data atau informasi dengan bantuan bermacam materi yang terdapat dalam kepustakaan dan di dukung wawancara kepada informan yang hidup pada zamannya, kepada keluarga, dan para alumni. Kemudian data yang didapat tersebut dianalisis dalam bentuk uraian deskriptif.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Ibu Nyai Hj. Nuriyyah Ma’shoem sebagai ulama perempuan dalam pendidikan dibuktikan dengan kontribusinya dalam kehidupan sosial karena dalam diri beliau terdapat ciri keulamaan berupa kepemilikan ilmu, akhlak serta pengabdian kepada masyarakat melalui perannya sebagai manajer, pendidik, pengajar, fasilitator, motivator serta sosok yang uswah hasanah dalam kepemimpinan di pesantren al-Hidayat Lasem Kabupaten Rembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ulama; Perempuan; Pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:21
Last Modified: 17 Jan 2020 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10477

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics