Peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam membentuk akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Semarang

Navae, Miss Fuseyah (2019) Peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam membentuk akhlak siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (1703016154_Skripsi)
skripsi full pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peran guru PAI dalam membentuk akhlak siswa di SMP N 18 Semarang. Kajiannya dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki akhlak yang kurang baik dikarenakan para gurunya kurang memberikan peranan yang baik bagi peserta didiknya. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana peran guru PAI dalam membentuk akhlak siswa di SMP N 18 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan SMP N 18 Semarang. Melalui guru, kepala sekolah, siswa SMP N 18 Semarang. Yang menjadi sebagai sumber data untuk mendapat potret peran guru dalam membentuk akhlak. Datanya diperoleh dengan cara wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan kualitatif deskriptif analisis yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, analisis dokumen, catatan lapangan. Kajian ini menunujukkan bahwa : Peran guru dalam membentuk akhlak siswa melalui beberapa metode yang releven, untuk digunakan metode tersebut yaitu pembiasaan dan keteladanan. Metode pembiasaan dilaksanakan melalui program rutinitas harian yang menjadikan siswa terbiasa untuk melakukan hal-hal positif dari pembentukan akhlak yang dilakukan. Dari rutinitas tersebut, siswa hanya memiliki sedikit ruang untuk bertindak hal yang negatif, karena dalam sehari siswa disunguhi dengan program rutinitas (pagi sampai siang) dan pembelajaran dan metode keteladanan dilakukan melalui team guru atau staf yang juga melaksanakan program pembentukan akhlak siswa sehingga siswa termotivasi untuk melaksanakannya dengan tanpa paksaan. Peran guru dalam membentuk akhlak siswa sudah baik. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, guru Pendidikan Agama Islam, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorMustopa, MustopaNIDN2014036601
Uncontrolled Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam (PAI); Akhlak siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:33
Last Modified: 17 Jan 2020 03:33
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10483

Actions (login required)

View Item View Item