Metode pendidikan akhlak pada siswa di MTs Darul Ulum Semarang

Sa’mae, Miss Mareeyam (2019) Metode pendidikan akhlak pada siswa di MTs Darul Ulum Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1703016162_Skripsi]
Preview
Text (1703016162_Skripsi)
SKripsi full rtf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuan: 1) Untuk mengetahui pendidikan akhlak pada siswa di MTs Darul Ulum Semarang. 2). Untuk mengetahui sejauh mana guru dalam membentuk akhlak pada siswa di MTs Darul Ulum Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian, adalah (1) Metode pendidikan akhlak pada siswa di MTs Darul Ulum Semarang dilaksanakan menggunakan tiga metode yaitu pembiasaan, keteladanan dan nasihat yang terimplementasi ke dalam program rutinitas dan incidental. Orang tua peserta didik pun berkerjasama dengan pihak sekolah dalam membentuk akhlak anaknya. (2). Sedangkan hasil dari membentuk akhlak adalah terbentuknya akhlak dalam diri peserta didik. Hal ini dapat terlihat dari prilaku keseharian peserta didik di sekolah.
Berdasarkan beberapa temuan di atas, terkait dengan metode pendidikan akhlak siswa di MTs Darul Ulum Semarang penelitian dapat memberikan kesimpulan 1).Program pendidikan akhlak yang diterapkan harus direlevankan dengan kondisi saat ini. Hal ini akan memperkuat pengaruh nilai dalam diri siswa untuk berubah menjadi yang lebih baik. Pola guru yang menghargai potensi siswa penting untuk diperhatikan, sebab akan berpengaruhi terhadap proses pembelajaran siswa. 2).Para pendidik, utamanya di MTs Darul Ulum Semarang hendaknya turut mempelopori pentingnya memberikan pendidikan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pendidikan; Akhlak siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:35
Last Modified: 17 Jan 2020 03:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10484

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics