Pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika pada kelas IV di MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun 2018/2019

Manasikana, Arina (2019) Pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika pada kelas IV di MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403096064_Skripsi]
Preview
Text (1403096064_Skripsi)
Arina Manasikana___1403096064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas IV di MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal.
Kajian penelitian ini dilatarbelakangi oleh internal peserta didik yang banyak menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Dengan persepsi seperti itu sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika yang salah satunya yaitu kemampuan pemahaman konsep. Dalam memahami suatu konsep matematika peserta didik membutuhkan pemikiran yang logis dan analisis yang tepat dalam memahami suatu konsep. Pemikiran yang logis dan analisis dalam teori kecerdasan multiple intellegences. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah kecerdasan logika matematika berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika kelas IV di MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif yang berbentuk hubungan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI NU 56 Krajankulon Kaliwungu Kendal dengan sampel penelitian sebanyak 29 peserta didik kelas IV A yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, angket dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana untuk menjawab rumusan masalah pada penelitian ini.
Hasil penelitian ini adalah: Ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan logika matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi r = 0,830 dan koefisien determinasi r2x 100% = 0,6889. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep adalah 68,89%, dengan persamaan regresi Ŷ = 11,933495 + 0,9694557X. artinya masih tetap diperoleh skor kemampuan pemahaman konsep sebesar 11,933495 tanpa dipengaruhi oleh variable X. Jika X bernilai 1 atau lebih maka skor kemampuan pemahaman konsep akan bertambah. Maka dari itu, jika kecerdasan logika matematikanya tinggi maka kemampuan pemahamannya juga tinggi. Begitu juga sebaliknya jika kecerdasan logika matematikanya rendah maka kemampuan pemahaman konsepnya rendah pula.
Dengan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi ataupun masukan bagi pendidik maupun calon pendidik bahwa kecerdasan logika matematika berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika materi FPB.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan; Logika matematika; Pemahaman konsep; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:21
Last Modified: 29 May 2021 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10507

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics