Efektivitas model pembelajaran team assisted individualization (TAI) berbantu monika terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal tahun ajaran 2018/2019

Khasanah, Ulfatun (2019) Efektivitas model pembelajaran team assisted individualization (TAI) berbantu monika terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1403096111_Skripsi]
Preview
Text (1403096111_Skripsi)
Ulfatun Khasanah___1403096111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas efektivitas model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantu MONIKA terhadap pemahaman konsep matematika kelas III di MI NU 33 Johorejo Kendal Tahun Ajaran 2018/2019. Latar belakang adanya penelitian ini karena permasalahan yang dihadapi siswa dalam pelajaran matematika. Siswa menganggap matematika adalah pelajaran yang sangat sulit untuk dipahami dan menakutkan yang menjadikan siswa kurang adanya perhatian pada pelajaran matematika, sehingga muncul permasalahan diantaranya tidak memiliki kemampuan dalam siswa menerjemahkan kembali materi yang dipelajari, memberikan contoh yang spesifik, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan kategorinya, memberikan ringkasan secara umum, memberikan gambaran tentang kesimpulan yang logis dan membandingkan dua ide atau obyek. Salah satu faktor penyebab timbulnya permasalahan tersebut adalah kurangnya kreativitas dalam kegiatan pembelajaran serta tidak adanya peran aktif dari siswa.
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) berbantu monopoli matematika (MONIKA) terhadap pemahaman konsep matematika materi keliling persegi dan keliling persegi panjang siswa kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal dengan jumlah peserta didik 37, yaitu terdiri dari kelas III A sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 peserta didik dan kelas III B sebagai kelas kontrol berjumlah 17 peserta didik.
Berdasarkan perhitungan uji t-tes dengan dk= 35 dan taraf signifikasi α = 5% diperoleh thitung = 2,059 dan ttabel = 1,690 karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak yang artinya nilai rata-rata pemahaman konsep dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) berbantu MONIKA lebih baik dari rata-rata rata-rata pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model konvensional pada mata pelajaran matematika materi keliling persegi dan keliling persegi panjang. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 74,05 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 66,18. Data-data tersebut menunjukan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran team assisted individualization berbantu MONIKA terhadap pemahaman konsep matematika materi keliling persegi dan keliling persegi panjang siswa kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal.
Berdasarkan hasil data diatas adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran team assisted individualization berbantu MONIKA terhadap pemahaman konsep matematika materi keliling persegi dan keliling persegi panjang siswa kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal. Peneliti menguji tingkat efektivitas menggunakan uji n-gain, hasil perhitungan n-gain terdapat peningkatan pemahaman konsep kelas eksperimen dari nilai rata-rata pretest sebelum diberi perlakuan sebesar 49,50 dan nilai rata-rata posttest setelah diberi perlakuan sebesar 74,05 diperoleh n-gain yaitu 0,486 dalam kategori sedang, maka dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran team assisted individualization (TAI) berbantu MONIKA efektif terhadap pemahaman konsep matematika kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Team Assisted Individualization; Monika; Konsep matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:54
Last Modified: 29 May 2021 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10511

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics