Pengaruh model pembelajaran GI melalui pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019

Firdaus, Indah Fitriyani (2019) Pengaruh model pembelajaran GI melalui pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096032_INDAH FITRIYANI FIRDAUS]
Preview
Text (Skripsi_1503096032_INDAH FITRIYANI FIRDAUS)
Indah Fitriyani Firdaus___1503096032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Kota Semarang tahun ajaran 2018/2019. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk uji perbedaan rata-rata yaitu analisis uji-t. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 65 siswa, dengan kelas IV A yang terdiri dari 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang terdiri dari 33 siswa sebagai kelas kontrol.
Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar (post test) kelas eksperimen adalah 82,85 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 53,27. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa thitung= 9,35 sedangkan ttabel = 1,67. maka dapat dikatakan bahwa thitung signifikan karena thitung > ttabel. Selisih antara thitung dan ttabel yaitu 9,35-1,67=7,68. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel (x) model pembelajaran GI melalui pendekatan RME terhadap variabel (y) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV MI Miftahul Akhlaqiyah Ngaliyan Kota Semarang Tahun Ajaran 2018/2019 adalah sebesar 57,38% (dilihat dalam tabel kurve normal), adapun sisanya 42,62% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: MOdel pembelajaran; Group Investigation (GI); Realistict Mathematic Education (RME); Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:02
Last Modified: 29 May 2021 02:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10517

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics