Pengaruh penyajian laporan keuangan, aksesibilitas informasi desa dan partisipasi masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa : studi kasus di Desa Danasari, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang

Astuti, Tri Yuli (2019) Pengaruh penyajian laporan keuangan, aksesibilitas informasi desa dan partisipasi masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa : studi kasus di Desa Danasari, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (skripsi_1505046034_lengkap)
1505046034_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, memberikan kesempatan yang besar bagi desa untuk mengurus tata pemerintahan secara mandiri. Kebijakan tersebut diharapkan pemerintah desa harus menerapkan prinsip akuntabilitas untuk mempertanggungjawabkannya kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyajian laporan keuangan, aksesibilitas informasi desa dan partisipasi masyarakat terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di Desa Danasari, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 42 responden. Sampel terdiri dari Kepala Dusun, RT, RW dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Danasari, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner dengan pengujian hipotesis dilakukan dengan Analisis Regresi Linear Berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasi penelitian menunjukkan bahwa variabel penyajian laporan keuangan, aksesibilitas informasi desa dan partisipasi masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di Desa Danasari, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan, apabila semakin baik penyajian laporan keuangan, aksesibilitas informasi desa dan partisipasi masyarakat maka akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di desa Danasari, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang akan semakin baik.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorEl Junusi, RahmanNIDN2018116902
Thesis advisorNurudin, NurudinNIDN2023059001
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas; Laporan keuangan; Informasi desa; Partisipasi masyarakat; Pengelolaan keuangan desa; Akuntansi keuangan desa
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management (Financial, Budgeting)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah (S1)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:17
Last Modified: 12 Feb 2020 06:17
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10601

Actions (login required)

View Item View Item