Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, tempat, rasa makanan terhadap kepuasan pelanggan : studi kasus rumah makan Kedai Ongklok Sekuter

Wiyanto, Didik (2019) Analisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, tempat, rasa makanan terhadap kepuasan pelanggan : studi kasus rumah makan Kedai Ongklok Sekuter. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (skripsi_122411009_lengkap)
122411009_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, harga, lokasi dan rasa makanan terhadap kepuasan pelanggan dirumah makan kedai ongklok sekuter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dimana penelitian tersebut terdapat lima variabel diantaranya adalah kualitas pelayanan, harga, lokasi dan rasa makanan sebagai variabel independent atau variabel bebas dan kepuasaan pelanggan sebagai variabel dependent atau variabel terikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara, studi pustaka dan kuesioner (angket) atau menyebar angket kepada sejumlah responden. Uji multikolinieritas digunakan untuk menguji apakah pada model regresi tersebut terdapat adanya antar variable independent. Uji heteroskedastisitas digunakan untuk apakah model regresi tersebut terjadi ketidaksamaan variance dari residual satu pengamatan ke pengamatan lainnya. Uji hepotesis menggunakan metode analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel independent atau variabel bebas dengan variabel dependent atau variabel terikat secara parsial, koefisien determinasi dan simultan, yaitu kualitas pelayanan, harga, lokasi dan rasa makanan terhadap kepuasaan pelanggan. Dari hasil penelitian tersebut dilihat dari uji multikolinieritas diduga bahwa tidak ada masalah multikolinearitas antar variabel independepn dalam model regresi. Uji heteroskedastisitas diketahui bahwa titik-titik menyebar secara acak tidak membentuk suatu pola tertentu. Hal ini dapat ketahui bahwa tidak terjadi heterokedastisitas. dilihat secara parsial (uji t) bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasaan pelanggan dengan nilai t hitung 0.971. Untuk variabel harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan t hitung 1.238. Untuk variabel lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan t hitung 4.166. Dan untuk rasa makanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan t hitung 2.087. Selanjutnya uji R2 (Koefisien determinasi) menunjukkan bahwa variasi perubahan variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh perubahan variabel independent atau variabel bebas kualitas pelayanan, harga, lokasi serta rasa makanan terdapat R square sebesar 0.362 sedangkan sisanya adalah 63.8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis. Selanjutnya dilihat dari uji simultan (uji F) menunjukkan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai F hitung sebesar 12.894. Dalam penelitian tersebut diharap dapat bermanfaat kepada semua pihak dalam meningkat kepuasan pelanggan di rumah makan kedai ongklok setuker.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorYuningrum, HenyNIDN2009068101
Thesis advisorWarno, WarnoNIDN2007078303
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pelanggan; Kualitas pelayanan; Harga; Lokasi; Rasa makanan
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:19
Last Modified: 12 Feb 2020 06:19
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10602

Actions (login required)

View Item View Item