Analisis strategi pemasaran rumah makan Kedai Jomer Parakan dalam menghadapi persaingan usaha

Asad, Ali (2019) Analisis strategi pemasaran rumah makan Kedai Jomer Parakan dalam menghadapi persaingan usaha. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (skripsi_122411054_lengkap)
122411054_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pemasaran ada strategi bauran pemasaran yang terdiri dari produk, promosi, harga, dan tempat. Dari segi bauran pemasaran tersebut Kedai Jomer Parakan sangat memerhatikan produk, kebersihan tempat dan pada pelayanannya, tetapi mengenai tempat masih di rasa belum cukup luas apalagi tempat parkir yang masih cukup sempit sehingga banyak konsumen yang merasa kurang nyaman dengan tempat tersebut. Serta dalam promosi Kedai Jomer hanya mengunakan media Instagram dan Grabfood, Kedai Jomer tetap menjadi restoran yang banyak pengunjung. Untuk itu perlu dilakukan penelitian mengenai strategi pemasaran Kedai Jomer ditinjau dari sisi Ekonomi Islam yang dijabarkan dalam dua permasalahan: 1) Bagaimana strategi rumah makan Kedai Jomer dalam menarik minat konsumen ? 2) Bagaimana strategi pemasaran rumah makan Kedai Jomer untuk menghadapi persaingan pasar ? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi sehingga dapat diperoleh data primer dan sekunder. Data-data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teoriteori yang ada. Strategi yang dilakukan Kedai Jomer yaitu bauran pemasaran meliputi produk, pelayanan, promosi, harga, tempat serta melakukan peningkatan pelayanan. Strategi-strategi tersebut xi dilakukan sesuai dengan nilai-nilai pemasaran syariah yaitu Siddiq (benar), Amanah, Tabligh, Fathonah. Dalam strategi penyediaan tempat yang kurang cukup luas. Pelayanan yang dilakukan Kedai Jomer, sangat memerhatikan karakteristik pemasaran syariah yang Humanistis artinya saling menghormati antara sesama, terlebih lagi dengan konsumen dengan menganggap bahwa konsumen adalah Raja. Dalam menghadapi persaingan pasar, Kedai Jomer lebih memerhatikan internal perusahaan dengan melakukan perbaikan Produk dan Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Hal tersebut berarti sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah antara lain Ketuhanan (Rabbaniah), Etis (Akhlaqiah), dan Humanistis (Al-Insaniyah).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Second partyAnwar, KhoirulNIDN2020046901
Thesis advisorMuheramtohadi, SinggihNIDN2031108201
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pemasaran syariah; Rumah makan; Persaingan usaha
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:20
Last Modified: 12 Feb 2020 06:20
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10603

Actions (login required)

View Item View Item