Pemberdayaan perempuan dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus masyarakat pengolah ikan laut Desa Serangan Bonang Demak 2018

Sofiana, Nila (2019) Pemberdayaan perempuan dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus masyarakat pengolah ikan laut Desa Serangan Bonang Demak 2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_122411140_lengkap]
Preview
Text (skripsi_122411140_lengkap)
122411140_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan ekonomi dalam pandangan Islam pada dasarnya bertujuan untuk memnuhi kebutuhan hidup seseorang secara sederhana. Memenuhi kebutuhan keluarga, memnuhi kebutuhan jangka panjangmenyediakan kebutuhan keluarga yang ditinggal dan memberikan bantuan sosial yang sehubungan menurut jalan Allah, oleh sebab itu Islam memberikan panduan untuk menegaskan asas keadilan dan menghapus eksploitasi dalam transaksi apapun.
Prinsip dan tujuan sistem ekonomi islam bersumber pada ajaran syari’at Islam yang dikembangkan dan dijabarkan oleh para ulama, dan ajaran ajaran para pemikir muslim. sebagaimana prinsip yang ditanamkan dalam sistem ekonomi Islam yaitu : ketauhidan dan kekhalifahan.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana peran perempuan dalam mengolah ikan laut guna mensejahterakan perekonomian keluarga Di Desa Serangan. 2) Bagaimana pemberdayaan perempuan dalam mensejahterakan perekonomian keluarga dalam perspektif ekonomi Islam di Desa Serangan? penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. data primer adalah data yang diperoleh secara langsung dari masyarakat desa serangan. data sekunder adalah buku-buku referensi yang akan melengkapi dokumen yang telah ada. dokumentasi, dan observasi. dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan perempuan dalam mensejahterakan perekonomian keluarga dalam perspektif ekonomi islam studi kasus di desa serangan kecamatan bonang. bahwa pemberdayaan perempuan merupakan upaya kemampuan perempuan memperoleh akses dan kontrol terhadap sumberdaya ekonomi, politik, sosial, dan budaya agar perempuan dapat meningkatkan rasa percaya diri untuk berpartisipansi aktif dalam menyelesaikan masalah disekitar lingkungan.peran perempuan dalam mensejahterakan perekonomian keluarga diantaranya dalah upaya meningkatkan kemampuan dan kemandirian perempuan yang tak terlepas dari upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan perempuan; Ekonomi keluarga; Nelayan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:21
Last Modified: 16 Jul 2021 09:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10604

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics