Pengaruh penurunan tarif pajak UMKM dan pelayanan online terhadap perspsi wajib pajak mengenai kepatuhan wajib pajak UMKM : studi kasus pada UMKM yang terdaftar di kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat

Nadhor, Khaerun (2019) Pengaruh penurunan tarif pajak UMKM dan pelayanan online terhadap perspsi wajib pajak mengenai kepatuhan wajib pajak UMKM : studi kasus pada UMKM yang terdaftar di kantor Pelayanan Pajak Pratama Semarang Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1505046056_lengkap]
Preview
Text (skripsi_1505046056_lengkap)
1505046056_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pajak merupakan sumber pendapatan Negara yang paling besar yaitu berkisar kurang lebih 70%, maka hal itu pemerintah berupaya meningkatkan pendapatan pajak yang sebesar besarnya dengan cara melakukan kebijakan-kebijakan yang nantinya bisa menarik masyarakat untuk membayarkan pajaknya. Salah satu kebijakan pemerintah adalah menurunkan tarif pajak PPh final untuk pengusaha UMKM yang diharapkan nantinya bisa membuat para pelaku usaha UMKM menjadi taat akan pembayaran pajak. Dan memanfaatkan adanya perkemabangan teknologi dengan cara melakukan pelayanan pajak secara online baik dalam pendaftaran, pelaporan, maupun pembayaran pajak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penurunan tarif pajak UMKM, dan pelayanan online terhadap persepsi wajib pajak mengenai kepatuhan wajib pajak UMKM yang terdaftar di KPP Semarang Barat baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling yaitu penentuan sampel secara acak dengan mengambil 98 responden sebagai sampel. Metode pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan dan studi lapangan dengan cara pembagian kuesioner kepada responden yang ada di KPP Semarang Barat. Uji kelayakan data terhadap data yang diambil menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan model regresi linier berganda, sehingga perlu diadakan uji asumsi klasik terlebih dahulu terhadap data penelitian yang diperoleh.
Hasil dari uji regresi linier berganda variabel penurunan tarif pajak umkm dan sistem pelayanan online berpengaruh xiii signifikan terhadap persepsi wajib pajak mengenai kepatuhan wajib pajak umkm, baik secara simultan dan secara parsial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan wajib pajak; Usaha mikri Kecil Menengah (UMKM); Tarif pajak; Pelayanan online
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:26
Last Modified: 03 Jun 2021 08:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10607

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics