Nilai-nilai pendidikan cinta tanah air dalam sirah nabawiyah : kajian tahun pertama Nabi Muhammad SAW di Madinah

Gopari, Fikri (2019) Nilai-nilai pendidikan cinta tanah air dalam sirah nabawiyah : kajian tahun pertama Nabi Muhammad SAW di Madinah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1503016145_lengkap]
Preview
Text (skripsi_1503016145_lengkap)
1503016145_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (881kB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai pendidikan cinta tanah air dalam sirah nabawiyah : kajian tahun pertama Nabi Muhammad SAW di Madinah
Cinta tanah air merupakan karakter yang harus di miliki oleh setiap masyarakat Indonesia. Menurut Agus Wibowo Cinta tanah air adalah cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa. Melenturnya rasa cinta tanah air dalam diri masyarakat dapat menyebabkan konflik. Demikian sebaliknya semakin tingginya rasa cinta tanah air dalam diri setiap masyarakat maka akan tercipta suasa yang damai, persaudaraan dan persatuan semakian kokoh.
Penelitian ini mempunyai fokus masalah 1) bagaimana nilai-nilai pendidikan cinta tanah air dalam Sirah Nabawiyah (kajian tahun pertama Nabi SAW di Madinah). 2) bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan cinta tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jenis penelitian adalah kepustakaan (library research), yang dilakukan dengan menghimpun dan menganalisis data yang bersumber dari perpustakaan. Menggunakan pendekatan kualitatif literer. Analisis data menggunakan analisis isi (content analysic).
Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan cinta tanah air yang terdapat di dalam Sirah Nabawiyah (tahun pertama Nabi Muhammad Saw hijrah di Madinah) meliputi : 1) Persaudaraan (ukhuwah),2) kerukunan atau persatuan, 3) toleransi, 4) memajukan perekonomian, 5) bela negara dan patriotisme dan 6) cinta damai. kerukunan atau persatuan di nilai sangat penting terutama dengan kondisi Negara Indonesia yang terdiri dari banyak etnis dan suku. Salah satu kunci Nabi Muhammad Saw berhasil memajukan Madinah menjadi kota yang maju dalam bidang ekonomi dan sosial adalah karena Nabi Saw berhasil mempersatukan masyarakatnya, antara muslim, kafir dan munafiq.
Relevensi penelitian ini dengan kehidupan berbangsa dan bernegara tentu memiliki keterkaitan. Pendidikan cinta tanah air memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Apalagi kehidupan dunia yang sangat kompleks seiring dengan perkembangan zaman yang terus mengalami perubahan. Nilai-nilai pendidikan cinta tanah air dalam sirah nabawiyah tersebut bisa menjadi pedoman bagi penyelenggaraan pendidikan di Indonesia, untuk menjadikan masyarakat Indonesia yang cinta terhadap tanah airnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Cinta tanah air; Sirah Nabawiyah; Sejarah Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 22 Feb 2020 03:44
Last Modified: 22 Feb 2020 03:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10614

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics