Pembumian ajaran tasawuf dalam situs NU Online (www.nu.or.id)

Sholihah, Alvi Nour (2019) Pembumian ajaran tasawuf dalam situs NU Online (www.nu.or.id). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1504046029_lengkap]
Preview
Text (skripsi_1504046029_lengkap)
1504046029_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui ajaran dan corak Tasawuf yang digunakan dalam situs NU Online. Sehingga penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lapangan (field research). Sedangkan metode analisis data menggunakan discourse analysis dari Van Dijk yaitu analisis yang digunakan untuk menganalisa teks media. Menurut Van Dijk penelitian atas wacana tidak cukup hanya didasarkan pada analisis teks media saja, melainkan praktik produksi teks tersebut juga perlu diamati. Van Dijk membuat kerangka analisis wacana kedalam tiga tingkatan: 1. Struktur makro, merupakan makna umum dari suatu teks bisa dilihat dari topik suatu teks. 2. Superstruktur, adalah kerangka suatu teks. Bagaimana struktur wacana itu disusun dalam teks secara utuh. 3. Struktur mikro, adalah makna wacana yang dapat diamati dengan menganalisa kata, kalimat, proposisi, anak kalimat, dan parafrase yang dipakai. Data yang diperoleh bersumber dari situs NU Online (http://nu.or.id) dan didukung dengan wawancara penulis dengan redaktur beserta tim situs NU Online.
Setelah data dianalisis, penulis menemukan dua kesimpulan yang menjadi jawaban rumusan masalah. yaitu: 1. Ajaran Tasawuf yang disajikan dalam situs berbentuk artikel diambil dari kitab-kitab klasik karangan ulama Tasawuf oleh redaktur disajikan dengan bahasa baru yang bisa dipahami oleh masyarakat luas. 2. Corak Tasawuf yang digunakan dalam situs NU Online adalah Tasawuf Akhlaqi, karena artikel-artikel tersebut mengandung ciri-ciri dari Tasawuf Akhlaqi yaitu membahas tentang jiwa, klasifikasinya, kelemahan-kelemahannya, penyakit – penyakit jiwa dan sekaligus mencari jalan keluarnya atau pengobatannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tasawuf; Nahdlatul Ulama; Situs NU Online
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 22 Feb 2020 04:13
Last Modified: 19 Jun 2021 01:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10629

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics