Pelaksanaan pembiayaan pada produk gadai emas Ib melalui akad ijarah di PT. BRI Syariah KC Semarang

Latifah, Nurul (2019) Pelaksanaan pembiayaan pada produk gadai emas Ib melalui akad ijarah di PT. BRI Syariah KC Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1605015005_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1605015005_lengkap)
1605015005_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya, masyarakat telah lazim menjadikan emas sebagai barang berharga yang disimpan dan menjadikan objek rahn (gadai) sebagai jaminan utang untuk mendapatkan pinjaman uang. Dalam fatwa DSN-MUI No. 26/DSN-MUI/III/2002 dijelaskan bahwa rahn emas dibolehkan dengan menggunakan akad rahn, di mana objek ongkos dan biaya penyimpanan barang yang dilakukan berdasarkan akad ijarah ditanggung oleh pegadai yang besarannya didasarkan pada pengeluarannya yang nyata-nyata diperlukan dan tidak boleh ditentukan berdasarkan jumlah pinjaman. Gadai emas (rahn emas) adalah pegadaian atau penyerahan hak penguasa secara fisik atas harta/barang berharga (berupa emas) dari nasabah (arrahin) kepada Bank (al-murtahin) untuk dikelola dengan prinsip ar-rahn atau sebagai jaminan (al-marhun) atas peminjam/utang (a-lmarhumbih) yang diberikan kepada nasabah/peminjam tersebut. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan gadai iB pada PT. BRISyariah KC Semarang, dan bagaimana sistem penaksiran barang gadai pada PT. BRISyariah KC Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian data-data yang sudah terkumpul dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif analitis.
Hasil dari penelitian ini di simpulkan bahwa Penerapan gadai iB merupakan pembiayaan pinjaman kepada nasabah berdasarkan prinsip qardh yang di berikan bank kepada nasabah berdasarkan kesepakatan, yang di sertakan dengan surat gadai sebagai penyerahan marhun (barang jaminan) untuk jaminan pengambilan seluruh atau sebagian hutang nasabah kepada bank (marhun). Akibat yang timbul dari proses penyimpanan adalah timbulnya biaya-biaya yang meliputi nilai investasi tempat penyimpanan, biaya peralatan dan keseluruhan proses kegiatannya. Atas dasar ini dibenarkan bagi bank mengenakan biaya sewa kepada nasabah sesuai jumlah yang disepakati oleh kedua belah pihak. Bank syariah akan memperoleh keuntungan hanya dari biaya sewa tempat yang dipungut bukan tambahan berupa bunga atau sewa modal yang diperhitungkan dari uang pinjaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gadai emas; Rahn; Ijarah; Al-Qardh; BRI Syariah KC Semarang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 24 Feb 2020 10:40
Last Modified: 05 Jun 2021 03:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics