Peningkatan kualitas pelayanan nasabah pada tabungan qurban di BPRS As’ad Alif Dr.Cipto Semarang

Pangesti, Asri Widya (2019) Peningkatan kualitas pelayanan nasabah pada tabungan qurban di BPRS As’ad Alif Dr.Cipto Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1605015016_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1605015016_lengkap)
1605015016_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

BPRS AS’AD ALIF merupakan Lembaga intermediasi untuk menghimpun dana dari masyarakat yang kelebihan dan menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan. Dengan berbagai macam pendanaan pembiayaan yang tersedia di BPRS As’ad Alif Dr.Cipto Semarang salah satunya adalah Tabungan Qurban. Pelayanan merupakan syarat utama bagi kelangsungan hidup suatu bank, khususnya bank syari’ah. Strategi peningkatan kualitas pelayanan nasabah pada tabungan qurban di BPRS As’ad Alif Dr.Cipto Semarang adalah pelayanan yang baik serta kenyamanan yang diberikan kepada nasabah sehingga dapat menentukan laju pertumbuhan suatu bank. Salah satu yang sangat penting demi kemajuan suatu usaha adalah meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah diantaranya adalah ketepatan waktu pelayanan, kesopanan dan keramahan, ketersedianya sarana-prasarana pendukung, dan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan.
Dalam menyusun dan menyelesaikan permasalahan yang ada dalam Tugas Akhir ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan. Sedangkan dalam metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dan dokumenter. Dalam menganalisa data-data yang sudah terkumpul penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian ini, karakteristik tabungan qurban adalah merupakan tabungan yang menggunakan prinsip akad mudharabah mutlaqah. Faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam peningkatan kualitas pelayanan pada tabungan qurban yaitu penarikan tabungan qurban yang tidak dapat diambil sewaktu-waktu, kurangnya promosi, dan kurangnya SDM pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Islam; Bank dan Perbankan Islam; Bank Syariah; Bank Tabungan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 25 Feb 2020 00:59
Last Modified: 05 Jun 2021 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10645

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics