Strategi dalam pengembangan produk tabungan (sirela) di KSPPS BMT Walisongo Mijen Semarang

Safi’i, M. (2019) Strategi dalam pengembangan produk tabungan (sirela) di KSPPS BMT Walisongo Mijen Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_160501502_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_160501502_lengkap)
160501502_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetitif seperti sekarang ini setiap Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi ataupun BMT perlu menyusun dan menerapkan strategi bisnis yang tepat. Jika tidak, maka tidak menutup kemungkinan suatu UMKM dan koperasi sulit untuk dapat bertahan hidup, apalagi mampu mengungguli para pesaing pesaingnya. Strategi merupakan bagian dari manajemen organisasi yang sangat penting untuk diperhatikan. Alasan peneliti meneliti strategi dalam pengembangan produk tabungan (SiRela) karena peneliti tertarik dengan metode pemasaran produk tabungan (SiRela) di KSPPS BMT Walisongo Mijen , dan di Mijen banyak lembaga keuangan mikro lainnya yang mengharuskan KSPPS BMT Walisongo Mijen bersaing secara kompeten dan menjadikan posisi KSPPS BMT Walisongo Mijen sebagai salah satu lembaga keuangan syariah yang harus mampu bersaing secara kompetitif dan memiliki karakter tersendiri dalam bersaing sehingga produk-produk yang ada di BMT Walisongo Mijen akan semakin terkenal di masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja keunggulan kompetitif produk tabungan (SiRela) yang dimiliki KSPPS BMT Walisongo Mijen, dan bagaimana strategi bersaing KSPPS BMT Walisongo Mijen dalam pengembangan produk tabungan (SiRela). Metodologi penelitian yaitu dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang di pakai peneliti adalah dengan cara wawancara, dokumentasi, dan metode analisis data.
Hasil penelitian tentang keunggulan kompetitif produk tabungan (SiRela) yang dimiliki oleh KSPPS BMT Walisongo Mijen yaitu memiliki citra yang baik, produk yang beragam dan inovatif, sistem bagi hasil yang kompetitif dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas.Strategi dalam pengembangan produk tabungan (SiRela) di KSPPS BMT Walisongo Mijen yaitu dengan melakukan pemasaran, selalu meningkatkan pelayanan dan open management terhadap semua anggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Islam; Bank Syariah; Bank Tabungan; Bank dan Perbankan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 25 Feb 2020 01:04
Last Modified: 05 Jun 2021 04:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10647

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics