Penerapan prinsip prudential dalam mencegah pembiayaan mudharabah bermasalah KSPPS Tamzis Bina Utama cabang Sapuran Wonosobo

Astuti, Septiana Widi (2019) Penerapan prinsip prudential dalam mencegah pembiayaan mudharabah bermasalah KSPPS Tamzis Bina Utama cabang Sapuran Wonosobo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1605015026_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1605015026_lengkap)
1605015026_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembiayaan di perbankan syariah maupun BMT sering dijumpai pembiayaan bermasalah atau pembiayaan macet. Pembiayaan bermasalah adalah suatau keadaan dimana anggota mengalami kesulitan di dalam penyelesaian kewajiban-kewajibannya baik pambayaran pokoknya maupun bagi hasilnya. Untuk mensiasati hal tersebut maka prudential principle harus diterapkan, antara lain dilihat dari prinsip 5C dan 1S di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Sapuran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Bagaimana Implementasi pembiayaan mudharabah di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Sapuran di Wonosobo?, dan Bagaimana Penerapan Prinsip Prudential dalam mencegah Pembiayaan mudharabah bermasalah di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Sapuran di Wonosobo?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan prinsip prudential dalam mencegah pembiayaan mudarabah yang bermasalah dan untuk mengetahui implementasi pembiayaan mudharabah yang ada di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Sapuran di Wonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dengan mengumpulkan data-data actual yang relevan atau sumber data (primer maupun sekunder) dan melalui wawancara, observasi di KSPPS Baituttamwil Tamzis Cabang Sapuran di Wonosobo dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini dapat menunjukan bahwa penerapan prinsip prudential dalam mencegah pembiayaan mudharabah bermasalah di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Sapuran di Wonosobo meliputi Batas Maksimum Pemberian Kredit belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku tetapi masih dalam batas kemampuan dari anggota lending tersebut dan prinsip 5C dan 1S menjadi pedoman pemberian pembiayaan mudharabah di KSPPS Tamzis Bina Utama Cabang Sapuran di Wonosobo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Syirkah Wujuh; Syirkah; Bank Islam; Bank Syariah; Bank Tabungan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 25 Feb 2020 01:07
Last Modified: 05 Jun 2021 01:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10648

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics