Problematika tabungan arisan berhadiah (tarbiah) : studi kasus pada KSPPS Binama Semarang

Innayah, Nur (2019) Problematika tabungan arisan berhadiah (tarbiah) : studi kasus pada KSPPS Binama Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1605015032_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1605015032_lengkap)
1605015032_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Bina Niaga Utama (KSPPS Binama) adalah lembaga keuangan berbadan hukum koperasi yang bergerak dibidang jasa keuangan syariah, yaitu melayani anggota dan calon anggota akan kebutuhan produk pendanaan dan pembiayaan syariah dengan mengacu pada proses pembangunan ekonomi kerakyatan. Penelitian ini dilatar belakangi adanya produk di KSPPS Binama Semarang yang banyak diminati oleh masyarakat. Yaitu TARBIAH (Tabungan Arisan Berhadiah) yang menggunakan Akad Wadi’ah Yad-Dhamanah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur tabungan arisan berhadiah (tarbiah), apa saja problematika tabungan arisan berhadiah (tarbiah), bagaimana meminimalisir problematika tabungan arisan berhadiah (tarbiah).
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif karena penelitian yang dilakukan berdasarkan pada kondisi obyek yang dialami. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dan metode pengumpulan data adalah melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, artinya metode penelitian yang menggambarkan objek penelitian berupa data-data yang sudah ada dan menguraikan hasil penelitian dengan apa adanya.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa produk TARBIAH (Tabungan Arisan Berhadiah) yang dilakukan KSPPS BINAMA Semarang adalah reminder jatuh tempo dilakukan paling lambat pada tanggal 25 setiap bulannya, supaya anggota tidak telat dalam pembayaran Tarbiah. Dan anggota diarahkan untuk autodebet ke rekening Sirela, maka secara otomatis setiap tanggal 25 akan didebitkan sesua tarbiahnya. Maka didalam produk tarbiah tidak ada lagi problematika-problematika yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Islam; Bank Syariah; Bank Tabungan; Bank dan Perbankan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 25 Feb 2020 01:42
Last Modified: 05 Jun 2021 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics