Pendistribusian dana zakat infak dan sedekah (ZIS) pada KSPPS Tamzis Bina Utama

Handayani, Arum (2019) Pendistribusian dana zakat infak dan sedekah (ZIS) pada KSPPS Tamzis Bina Utama. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1605015033_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1605015033_lengkap)
1605015033_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam bidang ekonomi, zakat mencegah terjadinya penumpukan kekayaan pada sebagian orang dan mewajibkan orang kaya untuk mendistribusikan harta kekayaannya pada orang miskin. Zakat merupakan sumber dana potensial untuk mengentaskan kemiskinan. Islam menjadikan instrumen zakat untuk meningkatkan keseimbangan pendapatan di masyarakat. Zakat, Infak, dan sedekah merupakan salah satu bukti atas kepedulian dan kesempurnaan dalam agama Islam untuk menyelesaikan problem kehidupan bermasyarakat. Sekarang ini BMT (Baitul Maal Wattamwil) telah banyak berkembang di wilayah Indonesia. Selain fungsinya sebagai Baitul Maal, BMT juga berfungsi sebagai Baitul Tamwil yang dapat membantu kepentingan sosial masyarakat dalam menyalurkan ZIS. KSPPS Tamzis Bina Utama merupakan mitra dari Dompet Dhuafa yang membantu dalam menyalurkan ZIS.
Permasalahan yang diangkat dalampenelitian ini adalah bagaiamana KSPPS Tamzis Bina Utama dalam mendistribusikan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS). Dalam menyusun dan menyelesaikan penelitian ini metode penelitian yang digunakan penulis berupa metode kualitatif. Yang mana penulis menggunakan jenis penelitian lapangan dan metode pengumpulan data dengan metode interview dan dokumenter.
Dari hasil penelitian ini secara garis besar pendistribusian zakat telah sesuai dengan ketentuan agama, sedangkan pendistribusian infak dan sedekah juga sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Hanya saja yang menjadi permasalahan adalah penyaluran zakatnya walaupun sudah sesuai dengan ketentuan agama bagi siapa yang berhak mnerima zakat tetapi belum benar-benar efisien karena dalam kurun waktu satu tahun zakatnya ada yang masih terkumpul. Sehingga baru disalurkan di tahun berikutnya. Namun untuk mengatasi permasalahan tersebut KSPPS Tamzis Bina Utama selalu berusaha untuk memperbaiki dalam operasional penyaluran dananya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Islam;Bank Syariah; Bank dan Perbankan; Bank Tabungan; Zakat; Sedekah; Amal Jariyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 25 Feb 2020 01:45
Last Modified: 05 Jun 2021 02:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10652

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics