Akad qardh ijarah dan rahn ijarah di PT. BPRS Saka Dana Mulia Kudus

Khotimah, Khusnul (2019) Akad qardh ijarah dan rahn ijarah di PT. BPRS Saka Dana Mulia Kudus. Diploma thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (tugas akhir_1605015040_lengkap)
1605015040_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

gan yang berperan dalam menyimpan dana dan menyalurkan dana. Salah PT.BPRS Saka Dana Mulia Kudus merupakan lembaga keuan satu kegiatan penyaluran dana dapat diberikan kepada masyarakat untuk memperoleh manfaat salah satunya manfaat atas suatu jasa. PT.BPRS Saka Dana Mulia Kudus ini berkantor pusat Jalan Jendral Sudriman No. 857-858 Dersalam Kudus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana mekanisme penerapan akad qardh ijarah pada PT.BPRS Saka Dana Mulia Kudus dan komparasi pembiayaan gadai emas menggunakan akad qardh ijarah dan rahn ijarah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi dari PT.BPRS Saka Dana Mulia Kudus kemudian dianalisis untuk memberikan gambaran dari penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa Produk Pembiayaan Gadai Emas yang dilakukan oleh PT.BPRS Saka Dana Mulia yaitu dengan menggunakan akad Qardh dan Akad Ijarah. Akad Qardh digunakan sebagai pemberi pembiayaan/pinjaman, Akad Ijarah sebagai akad sewa tempat penyimpanan dengan menyediakan objek-objek sebagai tempat penyimpanan barang jaminan. Dan dalam PT.BPRS Saka Dana Mulia Akad Rahn itu sendiri dapat didefinisikan sebagai akad perjanjian penyerahan barang untuk jaminan/agunan dari fasilitas pembayaran yang diberikan. Namun terdapat produk Pembiayaan Gadai Emas juga pada lembaga keuangan lainnya yang menggunakan akad Rahn dan akad Ijarah dengan persyaratan yang sama.

[error in script]
Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorNadzir, MohammadNIDN2023097303
Uncontrolled Keywords: Gadai Dalam Islam; Muamalah; Islam dan Ekonomi; Jual Beli (Islam)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:06
Last Modified: 25 Feb 2020 02:06
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10654

Actions (login required)

View Item View Item