Sistem pengelolaan ziswaf di baitul maal KSPPS Binama

Fatihaturrohmah, Putri Alifah (2019) Sistem pengelolaan ziswaf di baitul maal KSPPS Binama. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of tugas akhir_1605015050_lengkap]
Preview
Text (tugas akhir_1605015050_lengkap)
1605015050_TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Baitul Maal Binama merupakan lembaga sosial yang memiliki kesamaan fungsi dan peran dengan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yaitu menerima titipan dana zakat, infak, shadaqah dan waqaf. Dana yang dititipkan di Baitul Maal Binama tersebut harus dikelola dan disalurkan kepada golongan yang berhak menerimanya. Agar Dana tersebut dapat tersalurkan dengan baik, maka dibutuhkan orang-orang yang professional dan ahli dalam mengelola dana zakat. Penelitian ini memfokuskan pada dua permasalahan, yaitu (1). Bagaimana sistem pengelolaan Baitul Maal BINAMA ?. (2). Bagaimana analisis SWOT dalam pengembangan Baitul Maal BINAMA ?. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui sistem pengelolaan yang baik dalam mengembangkan Baitul Maal Binama melalui metode analisis SWOT.
Dalam menyusun dan menyelesaikan permasalahan yang ada dalam tugas akhir ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan. Sedangkan dalam metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pihak pengelola baitu maal, serta mustahik yang mendapatkan bantuan. Dalam menganalisa data-data yang sudah terkukmpul penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, sehingga masalah dalam penelitian dapat terpecahkan dan dihasilkan rekomendasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu Baitul Maal Binama memiliki Sistem pengelolaan dana yang terbagi menjadi 2 sistem layanan pengelolaan, yaitu : (1) Sistem penggalangan dana ZISWAF, (2) Sistem penyaluran dana ZISWAF untuk kaum 8 asnaf. Untuk menganalisis bagaimana sistem pengelolaan dana di Baitul Maal Binama, penulis menggunakan metode analisis SWOT yaitu dengan memanfaatkan strategi SO(Strenght-Opportunities), WO(Weakness-Opportunities), ST(Strenght-Threaths), WT (Weakness-Threaths). Metode analisis SWOT digunakan penulis untuk mengetahui prospek pengembangan sistem pengelolaan Baitul Maal Binama, diantaranya yaitu : (1) Memaksimalkan pengalangan dana dengan teknik dan target marketing, (2) Fokus penyaluran dalam hal pemberdayaan ekonomi/ekonomi produktif, (3) Mengkuti trend perkembangan teknologi baik dalam bidang promosi ataupun fasilitas pembayaran ZISWAF guna memberikan kemudahan dalam pembayaran ZISWAF, (4) Meningkatkan sinergi dengan lembaga lainnya, (5) Meningkatkan target kerja setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Wakaf; Zakat; Amal Jariyah; Ibadah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Maulana Handy
Date Deposited: 25 Feb 2020 02:26
Last Modified: 05 Jun 2021 02:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10658

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics