Penerapan akad murabahah bil wakalah dalam pengajuan pembiayaan di KSP Giri Muria Group

Wulandari, Retno (2019) Penerapan akad murabahah bil wakalah dalam pengajuan pembiayaan di KSP Giri Muria Group. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015081_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015081_Lengkap)
1605015081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Akad Murabahah Bil Wakalah Dalam Pengajuan Pembiayaan di KSP Giri Muria Group”. Akad Murabahah bil wakalah adalah akad yang paling dominan digunakan oleh KSP Giri Muria Group. Alasan mengapa Murabahah bil wakalah ini lebih diminati karena akad ini cenderung memudahkan bagi KSP Giri Muria Group dan Nasabah itu sendiri. Namun, sepertinya anggota masyarakat masih kurang memahami prosedur pelaksanaan akad murabahah bil wakalah yang di atur dalam Fatwa DSN MUI. Untuk itu penulis merasa tertarik untuk membahas Akad murabahah bil wakalah dalam produk pembiayaan di KSP Giri Muria Group.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian secara kualitatif, Data yang diperoleh berasal dari data primer , yaitu data yang berasal dari penelitian lapangan secara langsung, antara lain yaitu hasil wawancara dengan karyawan KSP Giri Muria Group. Selain itu penulis juga menggunakan data sekunder, yaitu data yang dijadikan penunjang data primer. Data sekunder diperoleh dari buku-buku referensi dan jurnal karya orang lain. Selanjutnya, peneliti melakukan pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akad murabahah bil wakalah, dan membandingkan antara aturan Fatwa DSN MUI dengan yang terlah diterapkan oleh KSP Giri Muria Group, mengetahui syarat dan prosedur dalam pengajuan pembiayaan menggunakan akad Murabahah Bil Wakalah di KSP Giri Muria Group.
Hasil dari penelitian ini yaitu pada prosedur perealisasian akad murabahah bil wakalah di KSP Giri Muria Group belum sesuai karena KSP Giri Muria Group hanya memberikan pinjaman dana kepada anggota sebesar nominal yang dimohonkan pada saat pengajuan. Kemudian KSP melimpahkan kekuasaan penuh kepada anggota untuk membeli sendiri barang yang dibutuhkannya.Jadi, dalam hal ini berarti kedudukan KSP Giri Muria Group bukan sebagai penjual, melainkan hanya sebagai pemodal saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Muamalat; akad murabahah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:16
Last Modified: 05 Jun 2021 05:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10666

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics