Pembiayaan bermasalah dan cara mengatasinya pada produk musyarakah di PT. BPRS Asad Alif Kantor Cabang Boja

Ainunnisa, Nabila Putri (2019) Pembiayaan bermasalah dan cara mengatasinya pada produk musyarakah di PT. BPRS Asad Alif Kantor Cabang Boja. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015095_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015095_Lengkap)
1605015095.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nabila Putri Ainunnisa/1605015095/D3 Perbankan Syariah, Tugas Akhir ini berjudul Pembiayaan Bermasalah dan Cara Mengatasi pada Produk Musyarakah di PT. BPRS Asad Alif Kantor Cabang Boja. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembiayaan yang bermasalah pada produk pembiayaan musyarakah di PT. BPRS Asad Alif Kantor Cabang Boja, yang dikarenakan nasabah tidak dapat menyelesaian kewajibanya. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang bagaimana prosedur, faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya pembiayaan bermasalah serta cara PT. BPRS Asad Alif mengatasi pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan musyarakah tersebut.
Rumusan masalah yang penulis rumuskan guna membatasi pembahasan permasalahan ada tiga rumusan masalah yaitu: pertama, bagaimana prosedur pembiayaan musyarakah di PT. BPRS Asad Alif Kantor Cabang Boja. Kedua, apa saja faktor-faktor penyebab pembiayaan bermasalah di PT. BPRS Asad Alif Kantor Cabang Boja. Dan ketiga: bagaimana cara mengatasi pembiayaan bermasalah pada produk musyarakah di PT. BPRS Asad Alif Kantor Cabang Boja.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara pengamatan atau observasi secara angsung maupun tidak langsung pada objek penelitian, wawancara dengan kepala kantor PT. BPRS Asad Alif Cabang Boja dan juga dengan cara dokumentasi yang berkaitan dengan objek penelitian seperti pengumpulan data dengan dokumen-dokumen.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prosedur pembiayaan musyarakah dilakukan dengan cara calon nasabah datang langsung ke PT BPRS Asad Alif Kantor Cabang Boja untuk mengisi formulir permohonan pembiayaan dan membawa dokumen-dokumen yang menjadi syarat pengajuan pembiayaan. Setelah itu dilakukan wawancara oleh pihak bank, kemudian pihak bank menyelidiki dokumen-dokumen apakah sudah sesuai persyaratan atau belum. Selanjutnya dilakukan survey ke lokasi usaha nasabah dan melakukan analisa terhadap kelayakan pembiyaan. Tahap selanjutnya adalah keputusan pembiayaan. Prosedur pembiayaan musyarakah tersebut sudah dijalankan dengan baik oleh pihak PT. BPRS Asad Alif Cabang Boja. Faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah disebabkan oleh faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yaitu faktor yang berasal dari pihak bank itu sendiri, seperti pihak marketing kurang teliti dalam menganalisa data nasabah. Sedangkan faktor ekstern berasal dari nasabah yang tidak amanah atau tidak jujur dalam mengembalikan kewajibannya kepada bank. Sedangkan penyelesaian pembiayaan bermasalah dilakukan dengan cara kekeluargaan kemudian dengan cara revitalisasi proses yang terdiri dari: penjadwalan kembali (reschedulling), persyaratan kembali (reconditioning), penataan kembali (restructuring). Kemudian dengan upaya penyelesaian melalui jaminan dan penyelesaian melalui litigasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Musyarakah; Pembiayaan bermasalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 06:32
Last Modified: 05 Jun 2021 01:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10668

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics