Penerapan akad IMBT pada produk KPR iB di Bank BRI Syariah KCP Ungaran

Maghfiroh, Siti Ayu (2019) Penerapan akad IMBT pada produk KPR iB di Bank BRI Syariah KCP Ungaran. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015121_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015121_Lengkap)
1605015121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh produk pembiayaan KPR di BRISyariah KCP Ungaran yang masih didominasi oleh akad murabah, padahal lebih menguntungkan bagi nasabah jika menggunakan akad IMBT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pembiayaan KPR iB di Bank BRISyariah KCP Ungaran dan bagaimana penerapannya jika menggunakan akad IMBT.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Data-data dalam penelitian ini diperoleh langsung dari BRISyariah KCP Ungaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menggunakan data observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah pertama, mekanisme pembiayaan KPR iB di BRISyariah KCP Ungaran sama dengan BRISyariah lainnya yaitu: nasabah dan bank syariah melakukan kesepakatan untuk pembiayaan KPR dengan menggunakan akad IMBT, kemudian nasabah mengisi form pengajuan pembiayaan dan menyerahkan data-data yang diperlukan. Bank syariah melakukan BI Checking dan menganalisa kelayakan nasabah untuk menerima pembiayaan. Tahap berikunya adalah penilaian jaminan. Jika disetujui komite pembiayaan maka nasabah dan bank syariah melakukan akad. Kemudian proses pencairan dan pembayaran kepada pihak penjual. Kedua, implementasi akad IMBT pada pembiayaan KPR di BRISyariah KCP Ungaran yaitu terletak pada saat bank memberi kuasa kepada nasabah untuk membeli objek pembiayaan sewa yang diinginkan oleh nasabah kepada supplier, namun dokumen objek sewa tersebut diserahkan kepada bank. Kemudian bank membuat surat perjanjian untuk jual beli/hibah objek pembiayaan di akhir masa periode sewa. Nasabah membayar sewa setiap bulannya. Dan setelah masa sewa selesai objek sewa tersebut dijual/dihibahkan kepada nasabah, nasabah melakukan pembayaran sisanya (jika ada). Dokumen objek sewa diserah terimakan oleh bank syariah kepada nasabah setelah melakukan akad jual beli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad; Bank syariah; KPR
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 06:39
Last Modified: 05 Jun 2021 03:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10673

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics