Proses akad mudharabah muthlaqah pada produk tabungan impian di BRI Syariah KCP Weleri

Wartini, Sri (2019) Proses akad mudharabah muthlaqah pada produk tabungan impian di BRI Syariah KCP Weleri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015123_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015123_Lengkap)
1605015123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini pertama, mendeskripsikan mekanisme menabung dengan tabungan impian BRISyariah. Kedua: mendeskripsikan proses akad mudharabah muthlaqah pada Tabungan Impian BRISyariah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini PT Bank BRISyariah KCP Weleri terdiri dari sumber data primer dan sekunder data diperoleh melalui hasil wawancara dan dokumentasi.
Temuan penelitian ini pertama: mekanisme produk Tabungan Impian BRISyariah yaitu nasabah datang langsung ke kantor cabang dengan membawa fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan sejumlah uang. Setelah itu nasabah melakukan setoran rutin tiap bulan, namun dengan adanya auto debet nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang untuk melakukan setoran rutin. Pencairan tabungan impian pun tidak bisa sewaktu-waktu hanya bisa diambil pada saat jatuh tempo dan untuk penutupan tabungan itu sendiri akan secara otomatis jika telah jatuh tempo. Kedua: proses akad pada produk Tabungan Impian BRISyariah yaitu: dalam proses akad pada Tabungan Impian BRISyariah, pihak BRISyariah dan nasabah akan melakukan ijab dan qobul. Ijab yang dilakukan oleh nasabah dengan mengisi formulir/aplikasi pembukaan rekening Tabungan Impian BRISyariah, kemudian menyerahkan uang kepada pihak bank. Di samping itu nasabah juga harus berniat bahwa dia melakukan akad mudharabah mutlaqah. Sedangkan qabul dilakukan oleh pihak Bank BRISyariah, yaitu dengan menerima secara langsung uang, yang kemudian ditulis dalam slip penerimaan setoran Tabungan Impian BRISyariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Akad; Mudharabah muthlaqah; Bank syariah; Tabungan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 06:42
Last Modified: 05 Jun 2021 05:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10674

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics