Analisis pengelolaan simpanan berjangka di KSPPS Hudatama Semarang

Sa'adah, Imroatun (2019) Analisis pengelolaan simpanan berjangka di KSPPS Hudatama Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015056_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015056_Lengkap)
1605015056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu bagian penting dari kegiatan ekonomi syariah adalah sistem keuangan syariah. Sistem keuangan syariah merupakan subsistem dari sistem ekonomi syariah. Ekonomi syariah merupakan bagian dari sistem ajaran islam secara keseluruhan. Dengan demikian, sistem keuangan syariah merupakan cerminan dari nilai - nilai islam dalam bidang ekonomi. Berbagai lembaga keuangan syariah akan memiliki pengaruh besar dalam aktivitas masyrakat, yaitu mendorong dan mempercepat kemajuan ekonomi masyarakat dengan melakukan kegiatan fungsinya sebagai lembaga intermediary untuk mengembangkan investasi sesuai dengan prinsip islam. Penelitian ini dilatarbelakangi pengelolaan simpanan berjangka mudharabah di KSPPS Hudatama Semarang yang semakin berkembang pesat dari tahun ke tahun.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan simpanan berjangka mudharabah. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekundernya dari dokumen-dokumen KSPPS Hudatama Semarang.

Hasil penelitian menemukan, pengelolaan simpanan berjangka mudharabah di KSPPS Hudatama Semarang yang pertama menggunakan simpanan berjangka mudharabah biasa dan yang kedua simpanan berjangka mudharabah otomatis (automatic roll over). Dalam mengembangkan simpanan berjangka mudharabahKSPPS menggunakan sistem mandiri dan jemput bola. Data jumlah anggota simpanan berjangka mudharabah total simpanan berjangka setiap tahunnya bertambah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bagi hasil; Simpanan berjangka
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 06:53
Last Modified: 05 Jun 2021 04:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10678

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics