Mekanisme pembiayaan KUR mikro iB untuk pengembangan UMKM pada PT. BRI Syariah KC Semarang

Deviana, Ria (2019) Mekanisme pembiayaan KUR mikro iB untuk pengembangan UMKM pada PT. BRI Syariah KC Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015063_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015063_Lengkap)
1605015063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bank BRISyariah Kantor Cabang Semarang merupakan salah satu bank syariah milik negara (BUMN) yang dalam operasionalnya selalu menggunakan prinsip syariah. Lokasi yang strategis dan berada di dekat jalan raya menjadikan bank BRISyariah KC Semarang mudah diakses oleh masyarakat. Bank BRISyariah menawarkan berbagai produk untuk kebutuhan modal kerja ataupun investasi. Salah satu produk tersebut adalah KUR Mikro iB. KUR Mikro iB merupakan produk pembiayaan yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk tujuan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Seperti yang kita ketahui, bahwasanya UMKM dapat menciptakan lapangan pekerjaan sehingga dapat menanggulangi kemiskinan. Jadi, dengan adanya modal yang diberikan Bank BRISyariah melalului pembiayaan KUR Mikro iB, maka produktifitas UMKM akan semakin meningkat dan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Deskriptif analisis bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai subjek penelitian berdasarkan data dan variabel yang diperoleh dari kelompok subjek yang diteliti. Data-data yang diperoleh kemudian penulis analisis dengan mengaitkan antara mekanisme penyaluran pembiayaan KUR Mikro iB di BRISyariah KC Semarang dengan teori dan konsep yang ada.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pembiayaan yang diberikan oleh Bank BRISyariah KC Semarang melalui pembiayaan KUR Mikro iB, maka pelaku UMKM dapat mengembangkan usahnya sehingga produktifitas akan semakin meningkat. Adapun mekanisme pembiayaan KUR Mikro iB adalah : Pertama, tahap sales yang dilakukan oleh Account Officer Mikro (AOM). Kedua, tahap analisis pembiayaan. Ketiga, tahap komite. Keempat, tahap akad dan pencairan. Kelima, tahap maintance yang dilakukan hingga pembiayaan lunas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan; Kredit Usaha Rakyat (KUR); Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM); Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 06:55
Last Modified: 05 Jun 2021 02:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10680

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics