Manajemen risiko pembiayaan di BMT Marhamah cabang Garung Wonosobo

Qudzianna, Dwibi (2019) Manajemen risiko pembiayaan di BMT Marhamah cabang Garung Wonosobo. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1605015073.pdf]
Preview
Text
1605015073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
BMT Marhamah Cabang Garung Wonosobo menyalurkan dananya melalui produk pembiayaan ijarah multijasa dan rahn (gadai). Dengan menggunakan akad tersebut tentunya tidak menjamin terbebasnya dari berbagai risiko. Risiko ini dapat timbul melalui dua risiko yaitu risiko eksternal dan risiko internal. Salah satu risiko yang sering terjadi di BMT Marhamah Cabang Garung Wonosobo adalah risiko operasional yang berkaitan dengan risiko gagal bayar oleh nasabah BMT. Maka, untuk mengatasi risiko tersebut perlu diadakan manajemen risiko pembiayaan untuk meminimalisir kemacetan pembiayaan yang terjadi dan agar tidak menimbulkan kerugian besar bagi BMT Marhamah. Dalam penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya risiko pembiayaan di BMT Marhamah Cabang Garung Wonosobo dan penanganan yang dilakukan oleh BMT Marhamah untuk mengatasi risiko pembiayaan.
Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di BMT Marhamah Cabang Garung Wonosobo. Data-data dalam penelitian ini berupa data kualitatif, terdiri dari data primer dan sekunder. Data-data diperoleh melalui metode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah : pertama, faktor yang menyebabkan terjadinya risiko pembiayaan di BMT Marhamah Cabang Garung Wonosobo disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor eksternal yaitu adanya faktor alam seperti bencana alam yang akan mengurangi pendapatan nasabah yang berprofesi tani sehingga hal ini menyebabkan risiko gagal bayar oleh nasabah terhadap BMT Marhamah, selain itu ada pula unsur perilaku buruk nasabah yang tidak ingin mengembalikan pembiayaan walaupun nasabah tersebut mampu membayar. Faktor internal yaitu, karyawan yang kurang teliti dan cakap dalam menganalisa profil nasabah dan kesalahan penaksiran barang jaminan. Kedua, penanganan yang dilakukan oleh BMT Marhamah untuk mengatasi risiko pembiayaan adalah upaya pencegahan, kemudian analisis penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah sebagai langkah penanganan, dan penyelesaian pembiayaan bermasalah dengan cara penjadwalan kembali, persyaratan kembali, dan sampai dengan penghapusbukukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Risiko (Ekonomi); Bank Islam; Bank Syariah; Bank dan Perbankan; Bank Tabungan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 07:04
Last Modified: 05 Jun 2021 03:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10685

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics