Mekanisme asuransi (ta’awun) pada produk pembiayaan di KSPPS BMT Marhamah Wonosobo KCP Utama

Firdaus, Nur Avnita (2019) Mekanisme asuransi (ta’awun) pada produk pembiayaan di KSPPS BMT Marhamah Wonosobo KCP Utama. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015075_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015075_Lengkap)
1605015075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

KSPPS BMT Marhamah Wonosobo merupakan salah satu lembaga keuangan mikro yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah. KSPPS BMT Marhamah yang ada di Wonosobo, memiliki target untuk melayani kebutuhan tiap anggotanya. Mulai dari anggota yang menghimpun dana maupun anggota yang melakukan pembiayaan. Dalam setiap melayani anggota yang melakukan pembiayaan, tentunya tidak terlepas dari adanya resiko. Resiko yang dimaksud disini adalah kemungkinan anggota yang sudah melakukan pembiayaan suatu saat bisa meninggal dunia. Upaya yang mereka lakukan untuk meminimalisir hal tersebut dengan menawarkan adanya asuransi (ta’awun) setiap anggota pembiayaan. Penelitian ini memfokuskan pada dua permasalahan, yaitu (1). Bagaimana mekanisme asuransi (ta’awun) pada produk pembiayaan di KSPPS BMT Marhamah Wonosobo?. (2). Apa saja hak dan kewajiban dari peserta asuransi (ta’awun) di KSPPS BMT Marhamah Wonosobo?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui mekanisme asuransi (ta’awun) serta mengetahui hak dan kewajiban dari peserta asuransi (ta’awun) di KSPPS BMT Marhamah Wonosobo Kcp Utama.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi dan wawancara kepada pihak pengelola BMT. Tugas akhir ini dibahas secara deskriptif analisis, sehingga masalah dalam penelitian dapat terpecahkan dan dihasilkan rekomendasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Mekanisme asuransi (ta’awun) di KSPPS BMT Marhamah Wonosobo dapat dikatakan sangatlah mudah. Mengingat, apabila anggota sudah tercatat sebagai nasabah yang melakukan pembiayaan, maka secara langsung nasabah tersebut akan diikutkan asuransi (ta’awun) yang ada. Mekanismenya dimulai dari anggota mengisi formulir permohonan asuransi (ta’awun) yang ada. Setelah semua prosedur diurus, maka anggota akan membayar premi yang sudah ditetapkan dan nantinya dibayar diawal saat pencairan pembiayan. Dengan demikian, anggota sudah mengikuti asuransi ta’awun di BMT Marhamah. (2) Berdasarkan Fatwa DSN-MUI Nomor 21/DSN-MUI/X/2001 dalam melakukan praktek Asuransi Syariah ada ketentuan umum yang menjelaskan tentang hak dan kewajiban peserta asuransi. Hal tersebut tertulis jelas dalam ketentuan umum poin keempat dan kelima yang menjelaskan bahwa yang menjadi hak dari peserta asuransi (ta’awun) adalah mendapatkan klaim dari pihak perusahaan asuransi yang wajib dibayarkan kepada peserta asuransi. Sedangkan yang menjadi kewajiban dari peserta asuransi adalah membayar premi (kontribusi) kepada peusahaan asuransi sejumlah nominal yang sudah disepakati dalam akad. Sedangkan untuk penerapannya, penulis menyimpulkan bahwa KSPPS BMT Marhamah Wonosobo sudah menerapkan prosedur yang telah ditentukan dan sudah sesuai dengan prinsip syariah, yang mana terhindar dari unsur gharar, maysir dan riba. Hal ini dapat dilihat dari dana asuransi yang bersifat tabarru’.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Auransi Islam; Muamalah; Bank Islam; Bank Syariah; Bank dan Perbankan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 25 Feb 2020 07:08
Last Modified: 05 Jun 2021 02:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10686

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics