Penetapan margin pembiayaan dalam produk iB multiguna melalui akad murabahah di PT Bank Jateng Syariah KCPS Magelang

Kurnianto, Akbar (2019) Penetapan margin pembiayaan dalam produk iB multiguna melalui akad murabahah di PT Bank Jateng Syariah KCPS Magelang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015078_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015078_Lengkap)
1605015078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya lembaga-lembaga keuangan syariah membuat lembaga-lembaga keuangan syariah berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitasnya. Salah satunya dalam segi pemberian pembiayaan. Pembiayaan yang paling dominan digunakan lembaga keuangan syariah adalah pembiayaan murabahah.Untuk meningkatkan pembiayaan murabahah, maka diperlukan pemantauan dari segi prosedur pelaksanaan murabahah yang telah ditetapkan, perhitungan margin secara tepat dan akurat agar dapat dirumuskan metode penetapan margin di Bank Jateng Syariah KCPS Magelang. Tentunya penetapan margin berperan penting agar dapat menentukan perolehan margin dalam suatu pembiayaan yang diberikan Bank Jateng Syariah KCPS Magelang.
Dari pengangkatan judul Penetapan Margin Pembiayaan dalam Produk iB Multiguna melalui Akad Murabahah di PT Bank Jateng Syariah KCPS Magelang, maka dapat dirumuskan permasalahan yakni sebagai berikut: Bagaimana prosedur pembiayaan iB Multiguna Murabahah di Bank Jateng Syariah KCPS Magelang, dan bagaimana penetapan margin pembiayaan iB Multiguna Murabahah di Bank Jateng Syariah KCPS Magelang.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tentang prosedur pembiayaan iB Multiguna Murabahah, mengetahui perhitungan margin yang ditetapkan di Bank Jateng Syariah KCPS Magelang agar dapat diketahui metode penetapan margin pada Bank Jateng Syariah KCPS Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, adapun data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Data primer berupa sumber data yang langsung diberikan kepada pihak Bank Jateng Syariah KCPS Magelang, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku, brosur, buku pedoman operasional bank, internet dan buku perpustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penetapan margin yang digunakan Bank Jateng Syariah KCPS Magelang adalah metode margin keuntungan annuitas dimana perhitungan margin keuntungannya diperoleh dengan cara pengembalian pembiayaan dengan pembayaran angsuran harga pokok dan margin keuntungan secara tetap. Dalam perhitungan ini akan menghasilkan pola angsuran harga pokok yang semakin membesar dan margin keuntungan yang semakin menurun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli (Islam); Islam dan Ekonomi; Bank Islam; Bank Syariah; Bank dan Perbankan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 26 Feb 2020 01:48
Last Modified: 05 Jun 2021 02:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10688

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics