Mekanisme operasional produk SIDIK (Simpanan Pendidikan)di KSPPS Marhamah KCP Watumalang

Nadhifa, Reza (2019) Mekanisme operasional produk SIDIK (Simpanan Pendidikan)di KSPPS Marhamah KCP Watumalang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tugas Akhir_1605015079_Lengkap]
Preview
Text (Tugas Akhir_1605015079_Lengkap)
1605015079.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

KSPPS Marhamah KCP Watumalang Wonosobo adalah salah satu lembaga keuangan yang menggunakan prinsip syariah di daerah Wonosobo dan sekitarnya. KSPPS Marhamah merupakan lembaga yang sudah beroperasi sejak lama di Wonosobo. Layanan yang diberikan KSPPS Marhamah berupa kegiatan penghimpunan dana dan penyaluran dana. Dalam kegiatan penghimpunan dana maka perlu adanya pengelolaan dari KSPPS Marhamah untuk bisa mengelola dana dari masyarakat yang akan menghasilkan keuntungan bagi mitra pada umumnya dan KSPPS Marhamah khususnya. Salah satu produk yang membutuhkan pengelolaan dana yaitu produk SIDIK (simpanan pendidikan). Produk ini adalah salah satu produk yang mempunyai aset dana yang cukup besar. SIDIK ini merupakan salah satu produk tabungan yang dikeluarkan KSPPS Marhamah yang diperuntukkan bagi lembaga khususnya sekolah. Adanya tabungan ini berguna sebagai salah satu sarana pengajaran bagi siswa untuk gemar menabung serta sebagai satu trobosan bagi orangtua agar bisa mempersiapkan dana pendidikan untuk anaknya demi masa depan pendidikan yang lebih baik.
Dari judul Mekanisme Operasional Produk SIDIK (simpanan pendidikan) di KSPPS Marhamah KCP Watumalang, maka permasalahan yang didapat yaitu bagaimana mekanisme dari produk SIDIK (simpanan pendidikan) di KSPPS Marhamah KCP Watumalang. Metode penelitian yang di gunakan dalam tugas akhir ini adalah metode deskriptif-analitis. Adapaun metode pengumpulan data dapat di lakukan dengan wawancara kepada karyawan KSPPS Marhamah KCP Watumalang, observasi secara langsung terhadap objek tertentu yang menjadi fokus penelitian serta mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan produk simpanan pendidikan di KSPPS Marhamah KCP Watumalang.
Hasil dari penelitian ini adalah SIDIK (simpanan pendidikan) adalah simpanan untuk lembaga sekolah dengan biaya administrasi ringan dan setoran selanjutnya yang dilakukan dengan sistem jemput bola. Simpanan ini menggunakan akad wadiah yadh dhamanah, yaitu akad antara dua pihak, satu pihak sebagai pihak yang menitipkan (mitra) dan pihak lain sebagai pihak yang menerima titipan. Dalam hasil penelitian ini ditemukan bahwa akad yang digunakan dalam KSPPS Marhamah KCP Watumalang tersebut belum sesuai, sehingga perlu adanya pengkajian ulang untuk disesuaikan dengan produk yang ada di KSPPS Marhamah KCP Watumalang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Islam dan Ekonomi; Bank Islam: Bank Syariah; Asuransi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 26 Feb 2020 01:50
Last Modified: 05 Jun 2021 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10689

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics