Analisis metode mafhūm mubādalah Faqihuddin Abdul Kodir terhadap masalah ‘iddah bagi suami

Muzakky, Muhammad Aldian (2019) Analisis metode mafhūm mubādalah Faqihuddin Abdul Kodir terhadap masalah ‘iddah bagi suami. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text (Skripsi_1502016139_Lengkap)
1502016139.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

‘Iddah merupakan masa yang ditentukan oleh syara’ bagi seorang perempuan setelah terjadinya perceraian untuk menahan diri menikah dengan laki-laki lain. Ketentuan ini selalu dikaitkan dengan alasan untuk mengetahui kemungkinan hamil atau dengan kata lain mengetahui kebersihan rahim. Akan tetapi melihat zaman sekarang, yang semakin modern dan semakin berkembang ilmu pengetahuan dan teknologi, dimungkinkan untuk mendeteksi kehamilan dalam waktu singkat. Dengan ini maka jelaslah kalau tujuan dari ‘iddah bukan hanya mengetahui kebersihan rahim. Pemersalahan yang lainnya, ketentuan ‘iddah ini hanya berlaku bagi perempuan karena didukung dengan teks-teks yang terdapat dalam al-Qur’ān dan Hadits Nabi yang hanya menyapa kaum perempuan. Padahal dalam suatu teks jika satu jenis kelamin menjadi sebab atas kebaikan atau keburukan jenis kelamin yang lain maka menurut kaidah inklusi, keduanya bisa masuk dalam pesan yang sama dengan cara timbal balik, resiprokal, atau yang disebut oleh Faqihuddin sebagai mafhūm mubādalah. Dalam penelitian ini, penulis mencoba menganalisis metode mafhūm mubādalah Faqihuddin Abdul Kodir terhadap masalah ‘iddah bagi suami. Rumusan masalah yang termuat dalam penulisan ini adalah 1) Bagaimana analisis metode mafhūm mubādalah terhadap masalah ‘iddah bagi suami. 2) Bagaimana dampak metode mafhūm mubādalah terhadap masalah ‘iddah bagi suami. Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, yaitu dengan cara mengumpulkan data-data dari berbagai sumber yang telah ditentukan, baik sumber primer maupun sumber sekunder. Selain itu, juga menggunakan metode wawancara. Dalam menganalisa data dalam penelitian ini, penulis menggunakan cara deskriptif analitis. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) pandangan Faqihuddin mengenai metode mafhūm mubādalah terhadap ‘iddah bagi suami, meskipun dijelaskan secara umum, ternyata metode tersebut, setelah penulis analisis, bisa diterapkan dalam teks-teks yang memuat ketentuan tentang ‘iddah sehingga menghasilkan ketentuan ‘iddah bagi suami. 2) Adapun dampak yang timbul dari pemaknaan mubādalah terhadap ‘iddah bagi suami yaitu penundaan melaksanakan pernikahan, larangan untuk keluar rumah, dan berkabung (iḥdād).

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Contributors:
ContributionContributors (e.g. Thesis Advisor)NIDN/NIDK
Thesis advisorLathifah, AnthinNIDN2007117501
Thesis advisorAnafah, NailiNIDN2022068103
Uncontrolled Keywords: iddah; mubādalah; Hukum Perkawinan (Islam)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 26 Feb 2020 10:23
Last Modified: 26 Feb 2020 10:23
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10714

Actions (login required)

View Item View Item