Tinjauan hukum Islam praktik jual beli burung ternak paudtan dan bakalan dengan sistem pesanan (salām) di Kelurahan Kadilangu Demak

Huda, Arif Imamul (2019) Tinjauan hukum Islam praktik jual beli burung ternak paudtan dan bakalan dengan sistem pesanan (salām) di Kelurahan Kadilangu Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122311029_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122311029_Lengkap)
122311029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Jual beli merupakan bentuk dari muamalah yang sangat berkembang dimasyarakat, Sebagaimana jual beli pesanan di peternak burung yang ada di kelurahan kadilangu. praktiknya dalam melakukan transaksi jual beli dengan sistem salām kurang begitu memperhatikan rukun dan syarat jual beli pesanan baik objek atau barang yang di pesan belum jelas speksifikasinya, harga harus dinyatakan jelas namun praktiknya tidak dinyatakan dengan jelas atau hanya di nyatakan dengan perkiran dan pembatalan akad yang menyebabkan kerugian salah satu pihak. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul Tinjauan Hukum Islam praktik Jual Beli Burung Ternak Paudtan dan Bakalan dengan Sistem Pesanan (salām) Di Kelurahan Kadilangu Demak : 1. Bagaimana pelaksanaan akad salām dalam praktik jual beli burung paudtan dan bakalan? 2. Apakah pelaksanaan akad salām sesuai dengan prinsip – prinsip aturan syariah dan tidak merugikan pemesan? 3. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad dalam jual-beli dengan sistem pesanan di peternak di kelurahan kadilangu ?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), dimana objek penelitian difokuskan pada praktik jual beli pesanan burung ternak dan bakalan di kelurahan Kadilangu Demak. Sifat penelitian ini ialah deskriptif-analitik, dimana penulis mencoba untuk mendeskripsikan serta menganalisis proses praktik tersebut dengan menggunakan pendekatan normatif, yakni dengan mengacu pada ketentuan fikih mu’amalah. Pengumpulan data dengan terjun langsung ke lapangan yang dihimpun melalui observasi, tanya jawab bebas (wawancara), dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan analisis-kualitatif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Akad dalam jual beli pesanan di peternak di kelurahan kadilangu demak belum sesuai dengan hukum Islam karena Rukun dan Syarat tidak terpenuhi karena objek barang yang di pesan masih belum jelas masih bersifat berubah-ubah karena faktor tertentu. 2) Kesepakatan harga dalam jual beli pesanan (salām) yang pertama telah sesuai dengan hukum islam karena penetapan harga telah dijelaskan diawal, yang kedua belum sesuai dengan Hukum Islam harga yang diberikan hanya perkiraan yang bisa saja berubah sewaktu barang ditukarkan jenis yang sama di sini hanya spekulasi adanya. 3) Pembatalan akad dalam jual beli pesanan tidak sesuai dengan hukum Islam karena ada pihak yang dirugikan dalam pembatalan tersebut dan apabila ada timbul permasalahan dalam pembatalan akad tersebut akan di selesaikan dengan jalan musyawarah untuk mufakad.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum ekonomi Islam; Jual beli; Akad salām
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:01
Last Modified: 27 Feb 2020 07:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10731

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics