Hukum ujrah tenaga kerja pada pub malam dalam perspektif Islam : studi kasus Liquid Cafe Semarang

Fahmi, Edy Syukri (2019) Hukum ujrah tenaga kerja pada pub malam dalam perspektif Islam : studi kasus Liquid Cafe Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122311040_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122311040_Lengkap)
122311040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Upah memegang peranan penting dalam hubungan kerja (perjanjian kerja),karena upah menjadi pendapatan mendasar untuk pemenuhan kebutuhan hidup dan menjadi salah satu sarana yang digunakan oleh pekerja untuk meningkatkan kesejahteraannya. Untuk menentukan upah, syariat islam telah menetapkan upah harus berupa harta yang memiliki nilai, diketahui spesifikasinya dan sumber pendapatan yang halal oleh pihak pekerja, Penelitian ini dilakukan terhadap Liquid Cafe semarang yang merupakan salah satu pub malam yang bergerak dibidang hiburan dan jual beli minuman mengandung alcohol atau etanol. Yang ingin diteliti disini adalah pertama, bagaimana system penetapan upah pekerja pada Liquid Cafe semarang. Kedua, Bagaimana hukum pemberian upah tenaga kerja pada Liquid Cafe Semarang dalam perspektif hukum islam
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif yaitu metode yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendiskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upah tenaga kerja Liquid Café Semarang diatur berdasarkan jumlah hari aktif mereka masuk kerja. Gaji diberikan setiap akhir bulan dan berlaku sanksi bagi karyawan yang tidak berangkat kerja berupa potongan gaji dan masing-masing karyawan memperoleh upah sesuai dengan jabatannya. Dalam memberikan upah kepada pekerja, Liquid Cafe semarang belum sepenuhnya menjalankan sesuai dengan yang diatur dalam UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yaitu melanggar Pasal 89 ayat (2) dan Psal 90 ayat (1), (2) dan (3). yaitu berkaitan dengan besaran upah. Sedangkan pemberian upah untuk pekerja yang ada di Liquid Cafe Semarang menurut hukum Islam adalah haram karena merupakan pekerjaan yang dilarang oleh agama Islam, yaitu berupa jual beli khamr atau minuman keras.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Upah (Ujrah); Penetapan upah; Pemberian Upah; Hukum ekonomi Islam; Pub malam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:03
Last Modified: 27 Feb 2020 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10732

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics