Tinjauan hukum Islam terhadap hutang piutang dengan sistem tabungan : studi kasus di RT 02 RW 04 Desa Bandungsari Kecamatan Mijen Kota Semarang

Nurmala, Indriani Dana (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap hutang piutang dengan sistem tabungan : studi kasus di RT 02 RW 04 Desa Bandungsari Kecamatan Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_122311122_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_122311122_Lengkap)
122311122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hutang piutang adalah salah satu kegiatan muamalah yang dilakukan oleh masyarakat. Aspek transaksi antara mahkluk tidak bisa dihindarkan dari kebiasaan tersebut. Karna manusia tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain.
Kegiatan yang dilakukan masyarakat Rt.02 Rw.04 Desa Bandungsari ini memiliki kebiasaan menabung dengan orang lain. Kemudian mereka melakukan hutang piutang dengan melebihi jangka waktu yang telah ditentukan sehingga terjadilah adanya tambahan. Dan kegiatan tersebut sudah lama dilakukan oleh masyarakat Rt. 02 Rw.04Desa Bandungsari. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengkaji praktik dengan melakukan penelitian dan menentukan pokok permasalahan yaitu, bagaimana praktik hutang piutang yang dilakukan masyarakat Rt.02 Rw.04 Desa Bandungsari Kecamatan Mijen Kota Semarang? Dan Bagaimanakah tinjauan hukum islam terhadap Praktek hutang piutang tersebut?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field research ). Pengumpulan data primer dilakukan dengan metode wawancara pengelola tabungan dan masyarakat, sedangkan dara sekunder peneliti menggunakan dokumen, karya ilmiah, yang berkaitan dengan hutang piutang. Setelah data penelitian terkumpul dan selanjutnya dlakukan analisis menggunakan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa dalam transaks hutang piutang yang dilakukan masyarakat Rt 02 Rw.04 Desa Bandungsari ini tergolong dalam faktor ekonomi. Sedangkan tambahan dalam hutang piutang tersebut memberikan nilai maafaat atau hadiah yang dipersyaratkan dalam akad tersebut. Dan pelaksanaanya didasarkan atas ridho yang belum sesuai dalam prinsip Islam. Sehingga adanya tambahan tesebut tidak diperbolehkan karena tidak sesuai dengan Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Utang piutang; Sistem tabungan; Hukum ekonomi syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:08
Last Modified: 27 Feb 2020 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10736

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics