Hubungan antara Persepsi Peserta Didik tentang Keterampilan Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS pada Kelas IV MI Nurussibyan Randugarut Tugu Semarang Tahun Ajaran 2011-2012.

Listyani, Dyah (2012) Hubungan antara Persepsi Peserta Didik tentang Keterampilan Mengajar Guru dengan Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPS pada Kelas IV MI Nurussibyan Randugarut Tugu Semarang Tahun Ajaran 2011-2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
083911003_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911003_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911003_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911003_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911003_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911003_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
083911003_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan positif antara persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar mata pelajaran IPS pada kelas IV MI Nurussibyan Randugarut Tugu Semarang Tahun Ajaran 2011-2012. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2011-2012, pada 9 Januari - 7 Februari 2012, bertempat di MI Nurusibyan Randugarut Tugu Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subyek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Nurussibyan Randugarut Tugu Semarang sebanyak 14 peserta didik dengan teknik populasi. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui dokumen dan metode angket. Dokumen digunakan untuk mengetahui gambaran umum peserta didik, sedangkan angket digunakan untuk memperoleh data persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru (X) dan motivasi belajar mata pelajaran IPS (Y), yang sebelumnya telah diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Product Moment melalui tiga tahap yaitu analisis uji persyaratan, analisis uji hipotesis, dan analisis uji signifikansi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru adalah sebesar 45.71, dan rata-rata motivasi belajar mata pelajaran IPS adalah sebesar 49.21. Standar deviasi persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru adalah sebesar 7.03, dan standar deviasi motivasi belajar mata pelajaran IPS adalah sebesar 5.79. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus pearson product moment diperoleh rhitung = 0.712 dengan rtabel = 0.532 pada taraf kesalahan 5%, rtabel = 0.661 pada taraf kesalahan 1%. Karena nilai pada rhitung > rtabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga, korelasi tersebut adalah signifikan pada taraf kesalahan 5% maupun 1%, dengan arah hubungan positif. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada hubungan positif antara persepsi peserta didik tentang keterampilan mengajar guru dengan motivasi belajar mata pelajaran IPS pada kelas IV MI Nurussibyan Randugarut Tugu Semarang Tahun Ajaran 2011-2012 adalah diterima. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi informasi dan masukan bagi guru IPS dalam memberi dorongan kepada peserta didik agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi, terutama pada mata pelajaran IPS.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengajar Guru; Strategi Pembelajaran; Motivasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Dec 2013 06:31
Last Modified: 19 Dec 2013 06:31
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1074

Actions (login required)

View Item View Item