Tinjauan hukum Islam terhadap peran Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan dalam pengawasan peredaran obat-obatan ilegal di Jawa Tengah

Fitri, Fatihah Dina (2019) Tinjauan hukum Islam terhadap peran Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan dalam pengawasan peredaran obat-obatan ilegal di Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 1502036101.pdf]
Preview
Text
1502036101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Obat merupakan salah satu unsur penting dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Menjadi salah satu komponen pokok yang harus selalu tersedia dan tidak tergantikan pada pelayanan kesehatan. Namun disisi lain obat dapat merugikan kesehatan bila tidak memenuhi persyaratan. Bila digunakan secara tidak tepat atau disalahgunakan. Pentingnya pengawasan oleh pemerintah adalah suatu sikap preventif dalam menghadapi peredaran produk obat yang tidak layak demi memberikan perlindungan konsumen dan tindakan represif bagi pelaku usaha yang melanggar aturan dengan sewenang-wenang mengedarkan produk obat yang dilarang. Dibentuknya Balai Besar POM di Semarang adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan POM yang mempunyai wewenang dalam bidang pengawasan produk obat dan makanan. Peran lembaga ini sangat penting untuk menjamin tidak terjadinya penyimpangan dan kecurangan-kecurangan di pasar.
Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini yaitu 1. Bagaimana praktik pengawasan peredaran obat-obatan yang dilakukan oleh Balai Besar POM Jawa Tengah; 2. Bagaimana relevansi antara pengawasan peredaran obat-obatan oleh Balai Besar POM Jawa Tengah dan perlindungan konsumen; 3 Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap kendala Balai Besar POM.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini juga sering disebut penelitian empiris. Fokus penelitiannya aspek-aspek hukum dalam interaksi sosial di dalam masyarakat. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kualitatif. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode observasi, dokumentasi dan wawancara, yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil pengumpulan data penelitian berupa data tentang pengawasan Balai Besar POM terhadap produk obat-obatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Balai Besar POM dalam melakukan pengawasan peredaran produk obat-obatan melalui beberapa usaha pengawasan yang dilakukan secara full spectrum mulai dari premarket hingga postmarket. Balai Besar POM juga menerbitkan izin edar dan sertifikat sesuai standard dan persyaratan kemanan, khasiat/manfaat, dan mutu serta pengujian obat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Hanya saja peran pengawasan tersebut tidak bisa maksimal karena terbatasnya SDM yang ada. Sementara apabila ditinjau dalam kaidah اِذَاضَاقَالْاَمْرُاِتَّسَعَ apabila sesuatu hal yang itu sempit maka hukumnya menjadi luas. Keterbatasan SDM/anggota yang ada di BBPOM bukanlah suatu penghalang dalam hal pengawasan, karena sedikitnya tenaga sudah dibantu oleh pihak-pihak terkait seperti pemerintah, Bea Cukai, Polisi, Disperindag, LPPOM MUI, Dinas Kesehatan, dan pihak terkait lainnya. Dilihat dari tinjauan Hukum Ekonomi Islam Balai Besar POM sebagai lembaga al-hisbah sudah berperan dalam melaksanakan tugasnya, pengawasan yang dilakuakan dapat meningkatkan pelayanan perlindungan konsumen agar tidak ada yang dizalimi, mencegah praktek kecurangan, penipuan, serta penyelewengan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Makanan dan Obat; Makanan -- Pengawasan Kualitas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 27 Feb 2020 07:40
Last Modified: 27 Feb 2020 07:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10746

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics