Hak refund pada jual beli online perspektif hukum Islam dan hukum positif : studi kasus di toko online Lazada

Jannah, Ulfi Fatkhiyatul (2019) Hak refund pada jual beli online perspektif hukum Islam dan hukum positif : studi kasus di toko online Lazada. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502036109_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1502036109_Lengkap)
1502036109.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknologi saat ini sangatlah besar, dapat membantu manusia dalam melakukan berbagai kegiatan salah satunya dibidang ekonomi. Misalnya dalam beriteraksi bisnis perdagangan hanya bisa dilakukan melalui dunia maya, yang dikenal sebagai bisnis online. Dalam praktiknya perlindungan konsumen dalam jual beli online tidak jarang menimbulkan masalah. Seperti pembelian produk baju gambar yang di promosikan tidak sesuai dengan warna, ukuran dan kualitas pesanan pembeli. Pada gambar yang di pasarkan seperti saat awal perjanjian berbeda. Pembeli memesan dengan warna hitam tetap kenyataannya setelah barang diterima pembeli dengan warna yang berbeda, keadaan barang yang rusak, kualitas yang tidak sesuai atau barang yang sudah dibeli konsumen tidak dikirim oleh pelaku usaha. Perjanjian diawal berbeda dengan kenyataan .Dengan begitu apa yang dilakukan oleh penjual pada saat pembeli melakukan transaksi online seharusnya pelaku usaha dikenai sanksi dan ganti rugi kepada pembeli yang sudah merasa dirugikan. Karena menyebabkan cacatnya rasa saling rela dan tidak adanya kesesuaian antara sifat atau kreteria barang yang di sampaikan penjual pada pembeli.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan. Pertama, bagaimana praktik khiyar pada konsumen teradap jual beli online di Toko Online Lazada? Kedua, bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen pada jual beli online berdasarkan hukum positif dan hukum Islam?
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian non doctrinal, yaitu sebuah penelitian empiris dan bersifat kualitatif. Karena sebagian sumber dari penelitian ini berupa informasi dan berupa teks dokumen. Data yang dipakai adalah data yang bersifat deskriptif, yang mengungkapkan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan teori-teori hukum yang menjadi objek penelitian. Analisis data dengan menggunakan pendekatan penelitian kulaitatif terhadap data primer maupun sekunder.
Hasil penelitian ini menyimpulkan, 1. Praktik perlindungan konsumen di Lazada terjadi karena adanya kesalahan yang dilakuakan oleh penjual (seller) kepada konsumen. Pada situs web aplikasi Lazada sendiri sudah memiliki hak refund, langkah-langkah refund di Lazada (pengembalian produk dan dana) untuk para konsumen jika merasa kecewa, tetapi di lapangan pada kenyataannya sistem refund tidak berjalan dengan maksimal karena kendala dari masyarakat 2. Menurut hukum Islam jika dilihat dari objek perlindungan konsumen seharusnya ada penjelasan tentang informasi yang jelas mengenai keadaan produk tertulis maupun tidak tertulis. Akan tetapi di Lazada, pelaku usaha kurang mencantumkan deksripsi secara akurat sesuai produk, oleh karena itu bisa dikatakan bahwa jual beli online di Lazada bisa dikatakan fasid (rusak). Perlindungan konsumen menurut hukum positif sesuai dengan Undang-Undang Pasal 9 Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, jadi disimpulkan bahwa produk yang tidak mencantumkan informasi yang jelas atau tentang keadaan barang yang sebenarnya di Lazada melanggar Undang-undang Perlindungan Konsumen karena mempromosikan suatu produk dengan berlebihan secara tidak benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen ; Jual Beli Online; jual beli (islam); Muamalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 29 Feb 2020 03:32
Last Modified: 29 Feb 2020 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10747

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics