Analisis metode hisab gerhana bulan dalam kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid karya Ali Mustofa

Raukhillahi, Rizqi (2019) Analisis metode hisab gerhana bulan dalam kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid karya Ali Mustofa. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1402046022_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1402046022_Lengkap)
1402046022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Elemen Besselian adalah seperangkat nilai yang digunakan untuk menghitung dan memprediksi keadaan okultasi lokal bagi pengamat di Bumi. Metode ini terutama digunakan untuk gerhana matahari, tetapi juga diterapkan untuk okultasi bintang atau planet oleh Bulan dan transit Venus atau Merkurius. Selain itu, untuk gerhana bulan metode yang sama digunakan, di mana bayangan dilemparkan ke Bulan alih-alih Bumi. Dalam Kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid di dalamnya memuat Element bessel untuk perhitungan gerhana bulan dan perhitungan mencari Bessel element. Selain itu hal yang mendasari penulis mengambil kitab ini ialah untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum bahwa sebenarnya masih banyak karya-karya yang khususnya berkaitan dengan ilmu falak yang masih belum tersebarluaskan seperti halnya kitab ini.
Fokus permasalahan yang akan dikaji oleh penulis adalah : 1. Bagaimana Metode Hisab Gerhana Bulan yang dikemukakan oleh Ali Mustofa dalam Kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid dan 2. Bagaimana keakurasian Metode Hisab Gerhana Bulan yang dikemukakan oleh Ali Mustofa dalam Kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid.
Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan (Library Research) yang bersifat deskritif komparatif, sumber data primer di ambil dari kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid karya Ali Mustofa dan wawancara dengan Ali Mustofa sedangkan data sekunder diperoleh penulis dari dokumentasi berupa tulisan-tulisan tentang gerhana, ensiklopedi,kamus, artikel-artikel, buku-buku dan jurnal. selanjutnya penulis menggunakan Analisis pertama yang digunakan adalah metode content analysis (analisis isi) yaitu sebuah metodologi yang memanfaatkan prosedur untuk menarik kesimpulan dari suatu dokumen, anaslisis kedua menggunakan analisis komparasi guna mengukur tingkat akurasi metode hisab gerhana Bulan dalam kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid dengan data gerhana Bulan dari NASA yang ditampilkan pada website resminya yang secara spesifik membahas gerhana Bulan. Alamat website tersebut adalah www.eclipse.gsfc.nasa.gov/lunar.html.
Hasil penelitian hisab yang digunakan oleh Ali Mustofa dalam hisab gerhana bulan Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid yaitu menggunakan metode perhitungan element Bessel atau awamil khusuf dan termasuk sistem hisab kontemporer. Dikatakan sebagai kitab kontemporer karena kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid dalam menghitung sistem koreksinya lebih teliti dan kompleks sesuai dengan perkembangan sains dan teknologi. Rumus-rumusnya lebih disederhanakan sehingga untuk menghitungnya bisa menggunakan kalkulator atau personal komputer.Tingkat akurasi hasil hisab gerhana Bulan kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid karya Ali Mustofa tergolong sudah sangat akurat dan dapat dijadikan pedoman dalam penentuan waktu gerhana. Hal tersebut sudah penulis buktikan dengan membandingkan antara hasil hisab kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid dengan hasil NASA. Hasil kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid dengan NASA tidak terpaut jauh, selisih rata-rata antara kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid dengan NASA hanya berbeda antara 1 detik sampai 1 menit 11 detik dan tergolong cukup akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ali Mustofa ; Gerhana Bulan ; kitab Tibyanul Murid ‘Ala Ziijil Jadid; Astronomi; Antariksa - Ilmu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 29 Feb 2020 03:35
Last Modified: 29 Feb 2020 03:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10749

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics