Respons masyarakat terhadap perubahan arah kiblat masjid dan mushola di Desa Tamansari Kecamatan Mranggen Demak

Hilah, Hilman Nur Fatah (2019) Respons masyarakat terhadap perubahan arah kiblat masjid dan mushola di Desa Tamansari Kecamatan Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1402046041_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1402046041_Lengkap)
1402046041.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Desa Tamansari adalah salah satu desa yang berada dalam wilayah Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak, yang keseluruhan penduduknya beragama Islam dan masih sangat aktif dalam melaksanakan kegiatan keagamaan, sehingga bisa dikatakan bahwa desa Tamansari masih sangat kental dan taat dalam hal beribadah. Berbicara mengenai arah kiblat di Desa Tamansari tidak lepas dari masyarakatnya. Di Desa Tamansari pernah terjadi kontroversi perbedaan pendapat mengenai arah kiblat. Ada yang menerima untuk mengecek ulang dan merubah arah kiblatnya, serta ada pula yang tetap mempertahankan arah kiblatnya sesuai dengan arah awal dari pembangunan Masjid atau Musholla. Dari kontroversi inilah penulis tertarik untuk meneliti tentang respon masyarakat terhadap Masjid atau Musholla yang sudah atau belum diukur arah kiblatnya, serta sejauh mana peran ahli falak dalam masalah ini. Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan 2 masalah. 1) Bagaimana respon masyarakat desa Tamansari terhadap perubahan arah kiblat Masjid atau Musholla?. 2) Bagaimana analisis respon masyarakat desa Tamansari terhadap perubahan Arah Kiblat Mesjid dan Musholla?. Dengan tujuan mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan hal tersebut.
Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian berupa data primer yang diambil dari observasi dan wawancara kepada takmir masjid, Imam masjid atau orang yang tahu tentang seluk-beluk masjid tersebut dibangun. Sedangkan data sekunder diambil dari semua hal yang berkaitan dengan kajian ilmu falak secara umum atau literatur lain yang dapat memberikan informasi berupa seluruh buku-buku, tulisan, artikel, jurnal atau dokumen lainnya, baik berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan arah kiblat dan bahan kajian lainnya yang akan dapat mendukung judul skripsi dan penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh kesimpulan yang Pertama, dari 7 sampel mesjid dan musholla yang penulis ambil di desa Tamansari terbagi menjadi 2, yaitu kelompok masyarakat yang setuju dengan adanya pengukuran ulang arah kiblat masjid dan musholla, sebanyak 1 masjid 2 musholla dan kelompok yang tidak setuju dengan adanya pengukuran ulang arah kiblat, sebanyak 3 masjid 1 musholla Kedua, bagi masyarakat yang setuju, pengukuran ulang arah kiblat dirasa perlu agar shalat menjadi lebih yakin dan khusyuk. sedangkan bagi masyarakat yang tidak setuju masih mempercayai pemberian dan pengukuran para leluhur terdahulu dan ingin tetap mempertahankannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah Kiblat ; Astronomi; Salat; Masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 29 Feb 2020 03:39
Last Modified: 29 Feb 2020 03:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10751

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics