Analisis sistem hisab gerhana bulan kitab Nūr Al-Anwār berbasis web digital falak karya Ahmad Tholhah Ma’ruf

Jamaluddin, Muhammad (2019) Analisis sistem hisab gerhana bulan kitab Nūr Al-Anwār berbasis web digital falak karya Ahmad Tholhah Ma’ruf. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502046085_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1502046085_Lengkap)
1502046085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Gerhana merupakan salah satu fenomena alam yang menjadi kajian khazanah keilmuan falak, kejadian gerhana bisa diketahui melalui beberapa pehitungan yang telah banyak diterangkan pada kitab-kitab falak dan buku-buku astronomi. Hisab gerhana Bulan Kitab Nūr al-Anwār berbasis web digital falak merupakan salah satu perhitungan hisab pada aplikasi digital falak berbasis web yang merujuk dari Kitab Nūr al-Anwār karya KH. Noor Ahmad SS, Aplikasi ini dibuat oleh ahli falak yang hanya berpendidikan pesantren yaitu Ahmad Tholhah Ma’ruf. Keberadaan aplikasi ini memberikan kemudahan kepada para ahli falak untuk mengetahui perhitungan hisab gerhana Kitab Nūr al-Anwār dalam waktu singkat. Penulis tertarik untuk mengkajinya karena terdapat selisih hasil hisab gerhana Bulan kitab Nūr al-Anwār dalam digital falak berbasis web dengan Kitab Nūr al-Anwār.
Dengan latar belakang diatas, penulis merumuskan dua pokok masalah, yaitu : 1. Bagaimana algoritma hisab gerhana Bulan Kitab Nūr al-Anwār berbasis web digital falak karya Ahmad Tholhah Ma’ruf ? 2. Berapa keakuratan hisab gerhana Bulan Kitab Nūr al-Anwār berbasis web digital falak karya Ahmad Tholhah Ma’ruf ?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan kajian penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu : wawancara dan dokumentasi. Adapun data primer diperoleh dari tulisan berupa bahasa pemprograman. Sedangkan data sekunder berasal dari wawancara yang penulis dapatkan langsung dari Ahmad Tholhah Ma’ruf sebagai pemilik web digital falak dan dokumentasi berupa buku-buku yang membahas tentang hisab gerhana Bulan, jurnal, makalah dan penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan objek penelitian. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analitis.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, ditemukan beberapa perbedaan algoritma hisab gerhana Bulan Nūr al-Anwār pada web digital falak dengan rumus Kitab Nūr al-Anwār, meliputi : perkiraan terjadi gerhana Bulan, daqaiq, sā’ah al-istiqbāl al-haqīqī, al-baqi. konversi waktu istiwa’ (WIS) ke WIB. Perbedaan algoritma tersebut berakibat pada hasil hisab gerhana Bulan web digital falak dengan hisab gerhana Bulan dalam Kitab Nūr al-Anwār. kedua, ditemukan selisih hasil waktu awal gerhana, tengah gerhana, akhir gerhana, awal total dan akhir total dalam hisab gerhana Bulan Kitab Nūr al-Anwār berbasis web digital falak dengan Kitab Nūr al-Anwār dan NASA hingga lebih dari 1 jam dan terkadang tanggal hisab tidak sesuai dengan terjadi fenomena gerhana sehingga hasil hisab gerhana Bulan Nūr al-Anwār berbasis web digital falak kurang akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gerhana Bulan ; Nūr al-Anwār ; Web Digital Falak; Astronomi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 29 Feb 2020 03:45
Last Modified: 29 Feb 2020 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10755

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics