Analisis metode hisab awal bulan kamariah dalam kitab Tsimar Al-Murid

Widiastuti, Yuly (2019) Analisis metode hisab awal bulan kamariah dalam kitab Tsimar Al-Murid. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1502046085_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1502046085_Lengkap)
1502046085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penentuan awal bulan Kamariah selalu memiliki problematika yang tiada berkesudahan. Dua mazhab besar, mazhab hisab atau rukyat memiliki ketentuan yang berbeda-beda untuk menentukan kapan dimulainya awal bulan baru Kamariah. Seiring perkembangan zaman, ilmu hisab berkembang semakin pesat. Berbagai konsep dan temuan baru ditawarkan untuk menjembatani problematika yang ada. Salah satunya metode kitab Tsimar al Murid karya Ali Mustofa, yang di dalamnya terdapat hisab penentuan awal bulan Kamariah yang sudah menggunakan data-data astronomis, rumus-rumusnya yang sangat detail, serta telah menggunakan beberapa koreksi dalam alur perhitungannya. Oleh karena itu penulis tertarik dan ingin mengupas lebih lanjut, 1) Bagaimana metode Tsimar al Murid dalam penentuan awal bulan Kamariah dan implementasinya? 2) Bagaimana akurasi hisab awal bulan Kamariah dalam kitab Tsimar al Murid?
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif menggunakan metode library research (penelitian kepustakaan), yaitu dengan melakukan telaah terhadap teks-teks tertulis dengan data primernya berupa kitab Tsimar al Murid dan didukung dengan data sekunder seperti buku, jurnal, dan lain sebagainya. Adapun dalam hal menganilisis data, penulis menggunakan metode deskriptif analisis. Penulis menempatkan hisab awal bulan Kamariah sebagai fokus obyek kajian, penulis menggambarkan bagaimana penentuan awal bulan Kamariah metode Tsimar al Murid. Selain itu, penulis akan membandingkan metode Tsimar al Murid dengan Ephemeris yang dijadikan acuan oleh Kementerian Agama RI untuk mengetahui keakurasiannya.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penentuan awal bulan Kamariah metode Tsimar al Murid merupkan metode hisab kontemporer, dibuktikan dengan adanya rumus-rumus, data-data astronomis yang digunakan dapat dipertanggungjawabkan, dan didukung dengan peralatan yang lebih modern. Penganut hisab dapat menggunakan metode Tsimar al Murid ini sebagai metode untuk menentukan awal bulan Kamariah secara langsung. Metode ini juga dapat diterapkan bagi penganut rukyat, hisab metode ini bisa menjadi alat bantu dalam melakukan rukyatul hilal. (2) Hasil uji akurasi hisab metode Tsimar al Murid menunjukkan hasil yang akurat. Hal ini terlihat ketika metode Tsimar al Murid dibandingkan dengan Ephemeris, hasil perhitungannya tidak terpaut jauh, rata-rata selisihnya hanya dalam kisaran detik atau menit. Pada perbandingan hasil hisab awal bulan Safar 1441 H selisih terbesar senilai 4 menit 19.40 detik. Perbandingan hasil hisab awal bulan Ramadan 1441 H selisih terbesarnya senilai 4 menit 9.48 detik. Dan perbandingan hasil hisab awal bulan Syawal 1441 H selisih terbesarnya senilai 5 menit 22.54 detik. Selisih terbesar hasil perbandingannya terletak pada hasil lamanya hilal di atas ufuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal Bulan Kamariah ; Hisab ; Kitab Tsimar al Murid ; Akurasi; Astronomi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Muhammad Khozin
Date Deposited: 29 Feb 2020 03:45
Last Modified: 29 Feb 2020 03:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/10756

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics